Dolores O'Riordan Meninggal, Ini 9 Lagu The Cranberries yang Paling Dikenang

Binsar Hutapea | 16 Januari 2018 | 14:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Vokalis The Cranberries Dolores O'Riordan meninggal dunia di salah satu hotel di London, Inggris, pada Senin (15/1) waktu setempat. Dolores O'Riordan diketahui berada di kota tersebut untuk merekam ulang lagu "Zombie".

Sebagai vokalis, Dolores O'Riordan dikenal memiliki karakter yang unik--yang merupakan perpaduan antara vokal yang lembut namun tegas, gaya bernyanyi yodel dan juga aksen Irlandia yang kuat. Gaya vokal tak biasa itu membuat The Cranberries cepat dikenali juga disukai penikmat musik.  

Di era 1990-an, Dolores O'Riordan dan The Cranberries memproduksi banyak lagu hits. Beberapa di antaranya masih terngiang-ngiang di telinga pendengarnya. Berikut adalah lagu-lagu Dolores O'Riordan dan The Cranberries yang tetap dikenang hingga saat ini.


1. "Dreams" 

"Dreams" merupakan debut Cranberries di kancah musik. Lagu ini dirilis pada 1992 di Irlandia. Menyusul kemudian album perdana The Cranberries Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We? yang dilepas pada Maret 1993. "Dreams" kemudian dirilis ulang di Inggris pada 1994. Hal yang menarik, di lagu ini ada mantan kekasih Dolores O'Riordan  yang menjadi vokal latar. 

2. "Linger"

Seperti "Dreams", "Linger" juga menghuni album debut The Cranberries, Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We? Setelah dirilis, lagu ini tak langsung populer.  Barulah setelah MTV rajin memutar video musik  "Linger", lagu ini mulai  terkenal.   "Dreams" sendiri tercatat sebagai lagu pertama The Cranberries yang meraih sukses besar.  Dalam sebuah wawancara, Dolores O'Riordan mengaku lagu tersebut bercerita tentang ciuman pertamanya. 

3. "Zombie" 

Singel "Zombie", yang masuk dalam album kedua The Cranberries, No Need to Argue, yang dirilis pada September 1994. Lagu tersebut diciptakan di sela-sela tur konser English Tour pada 1993. Peristiwa pemboman yang dilakukan pemberontak IRA yang memakan korban nyawa menjadi inspirasi dibuatnya lagu tersebut. Lagu itu memuncaki tangga lagi di sejumlah negara seperti  Australia, Belgia, Prancis, Denmark dan Jerman. Tak hanya itu, "Zombie" juga meraih penghargaan Best Song  di 1995 MTV Europe Music Awards.

4. "Ode To My Family"

Dalam sebuah sesi wawancara, Dolores O'Riordan mengaku menulis "Ode To My Family" ketika mengunjungi Amerika Serikat pada musim panas 1993, ketika mempromosikan album debut Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?. Lagu itu ditulisnya karena rasa rindu pada keluarga dan temannya di Irlandia. "Saya kesepian dan jauh dari rumah dan teman, jadi saya menulis lagu itu," tuturnya. 

"Ode To My Family" merupakan single kedua The Cranberries dari album No Need to Argue. Walau tak sedominan "Zombie", respons lagu itu terbilang hangat. 

5. "Salvation"

Pada 1996, The Cranberries melepas album ketiganya, To the Faithful Departed. Album ketiga ini punya nuansa yang lebih gelap dengan kedua album terdahulu. 

Singel pertama dipercayakan kepada lagu "Salvation". Lagu ini bercokol di posisi pertama Billboard's Modern Rock selama empat minggu. "Salvation" sendiri bertutur tentang menghadapi kecanduan terhadap narkotika. 

6. "Free to Decide"

Menjadi single kedua album To the Faithful Departed, "Free to Decide" tak menorehkan catatan gemilang. Di Eropa, penerimaan terhadap lagu ini cenderung biasa saja. Begitu juga di Amerika Serikat. Meski begitu, "Free to Decide" termasuk salah satu lagu yang paling dikenal oleh penyuka The Cranberries. 


7. "When You're Gone"

Lagu bergenre rock ballad ini merupakan single ketiga dari album To the Faithful Departed. Lagu tersebut diciptakan Dolores O'Riordan setelah kematian kakeknya. Namun di kemudian hari, lagu itu punya makna baru buat Dolores O'Riordan. "Ketika tur, aku kerap memikirkan anak atau ayahku yang telah meninggal dunia ketika menyanyikan lagu ini," tutur Dolores O'Riordan. 

8. "Animals Instinct"

Jelang pergantian milenum, The Cranberries merilis album keempat bertajuk Bury the Hatchet (1999). Album itu berjarak tiga tahun dengan album To the Faithful Departed. Jarak tersebut disebabkan Dolores O'Riordan yang menagalami masalah mental usai melahirkan anak pertamanya, Taylor.  Di sisi lain, anaknya juga yang memotivasinya untuk kembali terjun bermusik. "Anakku membuatku menjadi lebih baik. Dia membuatku bahagia. Aku membuat 'Animal Instinct' untuknya. Aku menemukan kebahagianku, jadi aku kembali bernyanyi," tutur Dolores O'Riordan.

9. "Just My Imagination"

Tembang bergaya akustik ini merupakan single ketiga dari album keempat The Cranberries. Band ini pernah membawakan "Just My Imagination" di salah satu episode serial televisi populer Charmed

(bin / bin)

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait