Selain iKON, Ini 5 Kasus Lain Kemiripan Lagu Peterpan / NOAH dengan Musisi Luar

Andira Putri | 22 Januari 2018 | 19:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Peterpan / NOAH kembali menjadi pembicaraan di dunia maya pada Senin, 22 Januari 2018. Netizen merasa ada kemiripan antara teaser Love Scenario milik iKON dengan lagu Menghapus Jejakmu milik band NOAH saat masih bernama Peterpan.

Melodi yang ditampilkan dalam teaser Love Scenario mengingatkan netizen terhadap Menghapus Jejakmu. Namun, paruh akhir dan instrumentalnya berbeda. Love Scenario baru dirilis secara resmi pada Kamis (25/1). Sementara Menghapus Jejakmu sudah diluncurkan sejak tahun 2012.

Ini bukanlah isu kemiripan pertama lagu musisi luar negeri dengan Peterpan. Hal serupa pernah terjadinya beberapa tahun lalu. Kemudian hal sebaliknya dimana lagu Peterpan mirip musisi luar negeri juga pernah dialami band tersebut.

Apa saja kasus kemiripan lagu Peterpan dan musisi luar negeri?

1. Tak Bisakah - Peterpan & Kya Mujhe Pyaar Hai - Kay Kay

Peterpan merilis Tak Bisakah tahun 2005. Setahun kemudian, penyanyi India bernama Kay Kay meluncurkan lagu yang mirip dengan Tak Bisakah. Lagu berjudul Kya Mujhe Pyaar Hai mirip dari segi melodi hingga cara bernyanyi dengan Tak Bisakah. Perbedaannya adalah Kay Kay menambahkan unsur disko untuk instrumental.

2. Di Atas Normal - Peterpan & Jimmy Kane - Muse

Di Atas Normal dan Jimmy Kane sama-sama memiliki intro yang mengandalkan suara bass. Menariknya, ada kemiripan melodi dalam instrumental tersebut. Peterpan merilis Di Atas Normal pada tahun 2004. Sementara Muse merilis Jimmy Kane tahun 1999.

3. Ada Apa Denganmu? - Peterpan & Am I Wry? No - Mew

Kemiripan Ada Apa Denganmu dan Am I Wry? No mirip kasus sebelumnya. Kedua lagu ini memiliki melodi mirip dengan instrumental sama, yaitu gitar. Kemiripan muncul pada bagian intro lagu. Waktu perilisan Ada Apa Denganmu? dan Am I Wry? No hanya terpaut satu tahun. Lagu Mew dirilis lebih dulu pada tahun 2004.

4. Ku Katakan dengan Indah - Peterpan & Where'd You Go - Fort Minor

Fort Minor sempat meraih kesuksesan berkat lagu Where'd You Go tahun 2005. Di saat yang sama, sejumlah pihak merasa jika Where'd You Go mengingatkan mereka terhadap lagu hits lain. Lagu tersebut adalah Ku Katakan dengan Indah milik Peterpan yang rilis setahun sebelumnya. Intro kedua lagu tersebut mirip.

5. Perih - NOAH & Everybody's Changing - Keane

Kemiripan terakhir terjadi saat Peterpan sudah mengusung nama NOAH. Mereka merilis single berjudul Perih pada tahun 2013. Lagu ini dianggap mirip dengan Everybody's Changing milik Keane yang dirilis sembilan tahun lalu. Instrumental hingga melodi sejumlah bagian lagu NOAH ini memang mengingatkan kepada Everybody's Changing.

(dira / wida)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait