Dilan 1990 dan 4 Soundtrack Film Remaja Indonesia Paling Ikonik

Andira Putri Senin, 12 Pebruari 2018 19:30:47
cast Dilan 1990 (Markuat / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Kehadiran film-film Indonesia dengan tema percintaan remaja tidak lengkap tanpa soundtrack. Alunan musik mampu membuat penonton ikut merasa malu, berbunga-bunga, cemburu hingga sedih sama seperti karakter filmnya.

Beberapa soundtrack pun menjadi populer seiring dengan kesuksesan filmnya. Baik soundtrack maupun film kemudian menjadi ikon tersendiri di kalangan masyarakat.

Ada lima soundtrack film Indonesia remaja yang dianggap paling ikonik dari masa ke masa. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya:

Chrisye
Chrisye

1. Gita Cinta dari SMA - Chrisye (1979)

Chrisye menyanyikan lagu Gita Cinta dari SMA untuk film berjudul sama tahun 1979. Irama lagunya klasik dan mampu menonjolkan vokal khas Chrisye.

Gita Cinta dari SMA menjadi favorit generasi muda pada era 70 hingga 80-an. Film ini bercerita tentang perasaan cinta yang menyelimuti Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman). Sayang, hubungan mereka mengalami tantangan karena perbedaan suku keluarga.

Ikang Fawzi
Ikang Fawzi

2. Catatan Si Boy - Ikang Fawzi (1987)

Nyaris 10 tahun berlalu, idola remaja berganti berkat film Catatan Si Boy. Publik menyukai sosok Boy (Onky Alexander) yang ganteng, alim, dan jago berantem ketika muncul pertama kali tahun 1987. Film ini terbilang sukses bahkan melahirkan empat buah sekuel.

Gambaran sosok Boy dituangkan dalam soundtrack berjudul sama. Lagu ini dinyanyikan oleh Ikang Fawzi dengan gaya rocker serta irama menghentak.

Ada Apa dengan Cinta
Ada Apa dengan Cinta

3. Ada Apa Dengan Cinta? - Melly Goeslaw & Eric (2002)

Ada Apa Dengan Cinta? menggambarkan kisah yang berbeda dengan film generasi sebelumnya. Publik dibuat penasaran melihat perubahan rasa benci menjadi suka antara dua siswa SMA. Mereka adalah Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra).

Kisah Ada Apa Dengan Cinta? semakin seru dengan kehadiran soundtrack berjudul sama. Lagu ini dinyanyikan secara duet oleh Melly Goeslaw dan Eric. Nuansanya emosional berkat dominasi dentingan piano.

Melly Goeslaw (ana S Pratama / tabloidbintang.com)
Melly Goeslaw (ana S Pratama / tabloidbintang.com)

4. Pujaanku - Melly Goeslaw & Jimmo (2003)

Melly Goeslaw kembali menciptakan soundtrack hit setelah Ada Apa Dengan Cinta?. Setahun kemudian, Melly Goeslaw menggandeng Jimmo untuk film Eiffel I'm In Love. Mereka merilis lagu Pujaanku yang bergaya dramatis dengan sentuhan musik rock.

Eiffel I'm In Love menampilkan kisah cinta antara Tita (Shandy Aulia) dan Adit (Samuel Rizal). Mereka harus menyingkirkan rasa benci terhadap satu sama lain setelah tahu telah dijodohkan.

Pemeran Dilan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla (Seno Susanto / tabloidbintang.com)
Pemeran Dilan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

5. Dulu Kita Masih Remaja - The Panas Dalam Bank (2018)

Soundtrack film Indonesia remaja teranyar datang dari awal 2018. Judulnya Dulu Kita Masih Remaja dan dinyanyikan oleh The Panas Dalam Bank. Lagu ini merupakan soundtrack film Dilan 1990.

Lirik dan nuansa Dulu Kita Masih Remaja tergolong sederhana. Ini sesuai dengan kisah cinta manis antara Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla). Dilan jatuh cinta kepada Milea dan berusaha mendapatkannya dengan cara ajaib.

(dira/ray)

Penulis Andira Putri
Editor Panditio Rayendra
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.