Salurkan Hobi Bermusik, Ije Kurniawan Sulap Kamar Tidurnya Jadi Studio Musik

Indra Kurniawan | 27 November 2022 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ije Kurniawan mengaku paling suka genre musik hiphop. Dia bahkan telah mencipta 10 lagu hiphop sejak duduk di bangku sekolah. Salah satu lagunya "Freedom" telah rilis di Spotify.

Kepada tabloidbintang, putra sulung sutradara Indrayanto Kurniawan dan aktris senior Hira Ninok Wiryono mengaku tak menemui kesulitan dalam pembuatan lirik. Dia biasanya mendapat inspirasi dari apa yang dilihat, dirasakan, dan dialami sehari-hari.

"Menulis lirik jujur enggak begitu sulit karena banyak inspirasi dari kejadian sehari-hari atau dari pengalaman orang yang bisa diproses jadi lirik," kata pemilik nama lengkap Adrianto Wiryono Kurniawan.

"Cuma kadang-kadang problem yang aku temui itu bikin musiknya, bikin beat-nya, (sampai mikir) 'kok monoton, enggak ada yang spesial di beat-nya," lanjutnya.

Proses pembuatan lagu dikatakan pendukung sinetron Badai Pasti Berlalu beragam. Ada yang setengah jam sudah jadi, ada pula yang memakan waktu sampai setahun. Banyak faktor penyebab, katanya.

"Jujur kalau bikin beat, satu jam aja udah bisa jadi. Tetapi setelah itu, kan ada rekaman dan lainnya. Biasanya, sih kalau matang-matangnya beberapa minggu udah jadi," jelas penggemar berat Kendrick Lamar dan J Cole.

Proses produksi semua dilakukan di studio musik mini di kamar tidur rumahnya. Ije Kurniawan mengatakan demi menyalurkan bakat bermusiknya ia menyulap kamar tidurnya menjadi studio mini.

"Aku bikin kamarku kedap suara, beli mik sendiri dan produce musik semua di laptop sendiri pakai sebuah sistem operator," ungkap Ije.

"Aku biasanya ciptain lagu kapan aja, sih. Kapan ada free time, kapan ada laptop, pengin bikin sesuatu ya aku bikin. Misal tiba-tiba dapat inspirasi lirik langsung aku rekam," tambahnya.

"Freedom" bukan satu-satunya lagu yang dikeluarkan Ije. Meski tanpa label rekaman, rapper 26 tahun ini berencana merilis 1 lagu setiap bulannya. 

"Aku cukup puas dengan lagu pertama aku. Sangat puas, belum. Karena masih banyak musik yang pengin aku eksplorasi lagi," pungkasnya.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait