Dicukur Kroasia, Kanada Susul Qatar

Indra Kurniawan | 28 November 2022 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Usai kalah tipis dari Belgia pada laga perdana Grup F, kali ini Kanada dicukur tanpa ampun oleh Kroasia dengan skor 4-1. Hasil tersebut membuat Kanada tersingkir dari perhelatan Piala Dunia 2022. 

Bertanding di Khalifa International Stadium pada Minggu (27/11) malam WIB, Kanada yang turun dengan formasi 4-4-2 unggul lebih dulu lewat sundulan Alphonso Davies pada menit ke-1 detik ke-8. Gol Davies untuk sementara menjadi gol tercepat di Piala Dunia 2022.

Kroasia tidak tinggal diam. Kebobolan 1 gol melecut semangat Luka Modric dkk untuk menjebol gawang Kanada. Hasilnya, pada menit ke-36 pemain klub 1899 Hoffenheim, Andrej Kramaric mencatatkan nama di papan skor. 

Ķeunggulan Kroasia bertambah jelang turun minum. Memanfaatkan umpan Josip Juranovic, Marko Livaja mencetak gol kedua untuk Kroasia. Itu adalah gol kedua Livaja dalam 3 pertandingan terakhir bersama Kroasia.

Turun minum dimanfaatkan Kanada untuk melakukan pergantian 2 pemain. Namun hal tersebut tak mengundurkan serangan Kroasia. Hasilnya pada menit ke-70, Andrej Kramaric mencetak gol kedua ke gawang Kanada, memanfaatkan umpan silang Ivan Perisic. 

Kroasia memperbesar keunggulan lewat kaki Lovro Majer pada menit ke-90+4. Skor 4-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang sebagai tanda berakhirnya babak kedua.

Kemenangan atas Kanada mengantar Kroasia memimpin klasemen sementara Grup F dengan 4 poin. Sama nilainya dengan Maroko yang pada laga sebelumnya secara mengejutkan mengalahkan tim unggulan Belgia dengan skor 2-0. 

Sementara kekalahan dari Kroasia, memutuskan impian Kanada untuk lolos ke babak 16 besar. Menempati posisi buncit tanpa poin, Kanada sudah tidak mungkin lagi mengejar posisi 2 teratas.

Kanada menjadi negara kedua yang tersingkir dari Piala Dunia 2022, menyusul tuan rumah Qatar usai dikalahkan Senegal dengan skor 2-0. Kekalahan dari Kroasia juga menjadi kekalahan kelima Kanada sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia. 

Piala Dunia 2022 merupakan Piala Dunia kedua bagi Kanada. Sebelumnya Kanada menjadi peserta di Piala Dunia 1986 Meksiko dan tidak lolos fase penyisihan grup dengan menelan 3 kekalahan. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait