Hasil Grup E Piala Dunia 2022: Spanyol Berbagi Poin dengan Jerman, Alvaro Morata Ukir Sejarah

Indra Kurniawan | 28 November 2022 | 04:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Laga ke-26 antara Spanyol vs Jerman berakhir imbang. Hasil tersebut tak mengubah posisi kedua tim di papan klasemen Grup E. Spanyol memimpin dengan 4 poin, selisih 3 poin dari Jerman yang menempati posisi juru kunci.

Pertandingan kedua tim berlangsung sengit walau Spanyol unggul dalam penguasaan bola hingga mencapai 64 persen berbanding 36 persen milik Jerman. 

Jerman sempat mencetak gol lewat sundulan Antonio Ruediger pada menit ke-39 babak pertama. Namun dianulir wasit usai meninjau replay melalui Video Assistant Referee (VAR). Beberapa peluang juga didapat Spanyol namun tak ada satupun gol tercipta.

Usai turun minum, pelatih Luis Enrique melakukan pergantian pemain, Ferran Torres ditarik keluar digantikan penyerang asal Atletico Madrid, Alvaro Morata.

Hasilnya, Morata memecah kebuntuan dengan melesakkan gol ke gawang Manuel Neuer pada menit ke-63. Memanfaatkan umpan terukur Jordi Alba dari sisi kanan pertahanan Jerman, Morata mencetak gol ke-2 di Piala Dunia ini.

Morata adalah pemain Spanyol kelima yang mencetak gol dalam dua penampilan pertamanya setelah Fernando Torres, Basora, Zarra, dan Jon Andoni Goikoetxea. Morata juga yang pertama dari lima pemain yang mencetak gol sebagai pemain pengganti.

Jerman bereaksi. Flick menarik keluar Guendogan, Mueller, dan Kehrer untuk digantikan dengan Leroy Sane, Lukas Klostermann, dan Niklas Fullkrug. Tim Panser akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-83 lewat tendangan geledek Fullkrug. 

Skor 1-1 tak berubah hingga akhir pertandingan. Hasil tersebut menguntungkan bagi Spanyol. Setidaknya pada laga terakhir penyisihan grup melawan Jepang, mereka cukup mendapat hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar.

Sebaliknya Jerman harus bekerja keras di partai terakhir kontra Kosta Rika. Kemenangan wajib diraih jika ingin lolos babak 16 besar, dengan catatan Jepang kalah dari Spanyol. Namun jika Jepang dan Spanyol berakhir imbang, penentuan lolos ditentukan oleg selisih gol.


Susunan pemain:

Spanyol (4-3-3): Simon; Carvajal, Laporte, Rodri, Alba; Busquets, Gavi, Pedri; Torres, Asensio, Olmo.

Jerman (4-3-3): Neuer; Kehrer, Suele, Ruediger, Raum; Kimmich, Goretzka, Guendogan; Gnabry, Musiala, Mueller.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait