Tiga Negara yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Belanda dan Ekuador Menyusul?

Indra Kurniawan | 29 November 2022 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Babak penyisihan fase grup Piala Dunia 2022 hari ini, Selasa (29/11) memasuki matchday 3. Sebanyak 27 negara akan memperebutkan 13 tiket tersisa ke babak 16 besar.

Hingga minggu kedua penyelenggaraan turnamen sepak bola terakbar sejagat raya, tiga negara telah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Mereka akan berlaga pada akhir pekan ini menghadapi lawan masing-masing.

Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar. Kelolosan tim asuhan Didier Deschamps ditentukan ditentukan usai mengatasi Denmark dengan skor tipis 2-1.

Dua gol juara bertahan dicetak oleh megabintang Paris Saint Germain Kylian Mbappe masing-masing pada menit ke-61 dan 86. Dua gol tersebut menambah koleksi gol Mbappe di Piala Dunia ini menjadi 3.

Tim kedua yang lolos ke babak 16 besar adalah Brasil. Peraih trofi terbanyak Piala Dunia tersebut lolos usai menang tipis atas Swiss lewat gol tunggal yang dibuat oleh Vinicius Junior.

Tanpa Neymar Jr., Brasil tetap mampu menguasai pertandingan dengan penguasaan bola hingga 54 persen berbanding 46 persen milik Swiss. Total lima peluang mengarah ke gawang Swiss berhasil dibuat Brasil.

Portugal menjadi tim ketiga yang lolos. Pada laga kontra Uruguay yang baru selesai subuh tadi, Cristiano Ronaldo dkk menang dua gol tanpa balas. Kedua gol yang bersarang ke gawang Uruguay dicetak oleh Bruno Fernandes.

Tiga belas tiket 16 besar tersisa akan diperebutkan 27 tim. Malam ini 4 negara dari Grup A akan saling bentrok untuk memperebutkan 2 tiket. Belanda selaku pemuncak klasemen akan menghadapi Qatar yang telah tersingkir. Sementara Ekuador dan Senegal akan saling berhadapan.

Belanda akan lolos jika menang atau minimal imbang dengan Qatar. Pun Ekuador cukup menahan imbang Senegal untuk lolos. Kalah tipis saja akan meloloskan Senegal ke babak 16 besar. (Ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait