Brasil dan Portugal Takluk, 2 Tiket Terakhir Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Jadi Milik Korea Selatan dan Swiss

Indra Kurniawan | 3 Desember 2022 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kejutan kembali mewarnai Piala Dunia Qatar 2022. Setelah tim unggulan macam Argentina, Jerman, dan Spanyol tumbang oleh lawan masing-masing, kini giliran Brasil dan Portugal.

Pada laga terakhir Grup H, menghadapi Korea Selatan, Cristiano Ronaldo dkk takluk dengan skor tipis 2-1. Gol kemenangan Korea dibuat pada menit 90+1 oleh pemain pengganti Hwang Hee-chan. 

Kemenangan tersebut mengantar Korea untuk ketiga kalinya menjejak di babak 16 besar. Di Piala Dunia 2002, Korea melangkah hingga babak semifinal. Sedang di Piala Dunia 2010 terhenti di 16 besar oleh Uruguay.

Korea lolos dengan koleksi 4 poin, sama dengan yang dikumpulkan Uruguay. Namun mengacu pada regulasi FIFA, produktivitas gol Korea lebih banyak dari Uruguay. Korea dengan 4 gol, Uruguay 2 gol.

Kejutan lain datang dari Grup G. Tim kuat Brasil keok dari Kamerun dengan skor 1-0. Satu-satunya gol Kamerun dicetak oleh Aboubakar pada menit ke-90+2. Ini kemenangan pertama wakil Afrika atas Brasil di Piala Dunia.

Nahas, meski menang Kamerun tidak lolos ke babak 16 besar. Dalam waktu bersamaan, lewat pertarungan sengit Swiss menang tipis 3-2 atas Serbia. Kemenangan tersebut membawa Swiss ke babak 16 besar dengan poin 6, selisih 2 poin dari Kamerun yang menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup G.

Ini kegagalan keenam secara beruntun bagi Kamerun. Mereka terakhir lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 1990 di Italia. Langkah mereka terhenti oleh Inggris di babak Perempat Final dengan skor 2-3.

Korea dan Swiss melengkapi 14 negara yang sudah lebih dulu memastikan ke babak 16 besar. Mereka antara lain Prancis, Portugal, Brasil, Inggris, Amerika Serikat, Belanda, Senegal, Kroasia, Jepang, Spanyol, Maroko, Argentina, Polandia, dan Australia.

Babak 16 besar mulai dipertandingkan hari ini, Sabtu (3/12), dibuka oleh Belanda vs Amerika Serikat. Laga yang dihelat di Khalifah International Stadium disiarkan langsung di Vidio mulai pukul 22.30 WIB.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait