Spanyol yang Disingkirkan Maroko Memang Bukan Jagonya Adu Penalti, Cek Faktanya

| 7 Desember 2022 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Terhenti sudah langkah Spanyol di Piala Dunia 2022. Pada laga kontra Maroko di babak 16 besar, tim asuhan Luis Enrique kalah lewat adu penalti. Ini untuk kali keempat Spanyol tersingkir dari Piala Dunia lewat adu penalti.

Spanyol dan Maroko bermain sama kuat 0-0 selama 120 menit pada laga di Education City Stadium, Selasa (6/12) malam WIB. Spanyol yang mengurung Maroko sejak menit awal tak mampu menjebol gawang wakil dari Afrika tersebut. 

Ternyata hal tersebut berlanjut hingga tos-tosan. Seluruh algojo Tim Matador tak ada yang mampu menaklukkan penjaga gawang Yassine Bounou. Sementara penendang Maroko hanya satu yang gagal dan tiga lainnya menuntaskan tugasnya dengan sempurna. 

Maroko pun untuk pertama kalinya melangkah ke babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia. Maroko menjadi tim pertama dari Afrika yang menang di Piala Dunia lewat adu penalti. Mereka akan berhadapan dengan pemenang antara Portugal vs Swiss yang dihelat sesaat lagi.

Bono pahlawan kemenangan Maroko atas Spanyol. (Instagram Morocco)

Sedangkan bagi Spanyol, kekalahan dari Maroko melengkapi derita mereka dalam urusan adu penalti. Spanyol punya rekor buruk adu penalti di Piala Dunia. Dari lima kesempatan adu penalti, empat di antaranya berakhir dengan kegagalan.

Sebelum tunduk dari Maroko, kekalahan adu penalti Spanyol lainnya adalah oleh Rusia di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Korea di perempat final Piala Dunia 2002, dan Belgia di babak perempat final Piala Dunia 1986.

Satu-satunya kemenangan adu penalti Spanyol terjadi di babak 16 besar Piala Dunia 2002. Spanyol unggul 3-2 (1-1) atas Republik Irlandia. 

Penulis :
Editor:
Berita Terkait