Deretan Fakta Menarik Usai Laga Portugal vs Swiss

| 7 Desember 2022 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lengkap sudah 8 tim yang lolos ke babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2022 usai Portugal menggilas Swiss dengan skor 6-1. Di perempat final, Cristiano Ronaldo dkk akan berhadapan dengan Maroko, yang menang dramatis dari Spanyol lewat adu penalti.

Portugal melangkah ke babak 16 besar sebagai juara Grup H yang diisi oleh Korea Selatan, Uruguay, dan Ghana. Sementara Swiss menempati posisi runner up Grup G, di bawah Brasil. Sayang, Swiss gagal lolos ke perempat final untuk kelima kalinya.

Swiss dibantai Portugal 6-1. (Instagram Xhaka)

Berikut sederet fakta menarik usai laga Portugal vs Swiss dirangkum dari beberapa sumber:

Cristiano Ronaldo Cadangan

Untuk pertama kalinya sejak 2008, megabintang Cristiano Ronaldo tidak terpilih menjadi starter di turnamen besar. Sekaligus mengakhiri rekor 31 kali starter secara beruntun. Menariknya, saat Ronaldo dibangkucadangkan di 2008 dan 2022, tim yang dihadapi Portugal adalah Swiss.

Goncalo Ramos Ungguli Cristiano Ronaldo

Goncalo Ramos mencetak lebih banyak gol untuk Portugal di fase gugur Piala Dunia setelah 17 menit (1) daripada Cristiano Ronaldo dalam 514 menit bermain di fase gugur kompetisi tanpa gol. 

Pepe Pencetak Gol Tertua

Rekor Roger Milla sebagai pencetak gol tertua di fase gugur akhirnya dilewati oleh Pepe. Bek geek plontos itu berusia 39 tahun 283 hari saat menyumbang gol kedua lewat sundulan mematikan. Sementara Roger Milla mencetak gol di usia 38 tahun. 

Bruno Fernandes Pemain Paling Produktif

Playmaker asal Manchester United telah terlibat langsung dalam 5 gol Portugal (3 gol dan 2 assits) di 3 laga Piala Dunia 2022, terbanyak setelah Eusebio (10) dan Jose Torres (6). Pada laga kontra Swiss, Bruno Fernandes turut menyumbang satu assist untuk Pepe.

Goncalo Ramos Samai Capaian Miroslav Klose

Goncalo Ramos pemain pertama yang bikin hat-trick di Piala Dunia pertamanya, menyamai prestasi bomber Jerman, Miroslav Klose di Piala Dunia 2002 Korea-Jepang. 

Portugal Tim Kedua Terproduktif di Abad 21

Portugal jadi tim kedua di abad 21 yang mencetak 6 gol atau lebih di fase gugur Piala Dunia, setelah Jerman vs Brasil di babak semi final Piala Dunia 2014 yang berakhir dengan skor 7-1.

Penulis :
Editor:
Berita Terkait