Kroasia Memang Gacor Adu Penalti di Piala Dunia, Samai Rekor Jerman

| 10 Desember 2022 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dengan empat kemenangan dari empat adu penalti Piala Dunia, Timnas Kroasia adalah satu-satunya tim bersama Jerman yang memainkan lebih dari satu adu penalti dengan rekor 100 persen kemenangan.

Kroasia, runner-up Piala Dunia 2018, sukses melaju ke babak semifinal usai menekuk tim favorit juara Brasil di perempat final Piala Dunia pada Sabtu (10/12) dini hari, lewat drama adu penalti.

Kemenangan adu penalti menjadikan Kroasia tim kedua yang memenangkan empat adu penalti berturut-turut setelah Jerman. Inilah semua adu penalti yang diikuti Kroasia:

Kroasia tekuk Brasil lewat adu penalti.

Babak 16 Besar Piala Dunia 2018, vs Denmark:

Dalam enam Piala Dunia yang diikuti Kroasia (1998, 2002, 2006, 2014, 2018, dan 2022), pertemuan adu penalti pertamanya terjadi di Rusia. Melawan Denmark hingga babak normal berakhir kedua tim bermain sama kuat 1-1, lewat gol yang dicetak Mathias Jorgensen dan Mario Mandzukic.

Pada menit ke-114, Kroasia mendapat hadiah penalti karena melakukan pelanggaran terhadap Ante Rebic. Namun Kasper Schmeichel menggagalkan upaya Luka Mordic dari titik putih. Berlanjut ke adu penalti, meskipun Schmeichel melakukan dua penyelamatan, Denmark gagal melakukan tiga penyelamatan - ketika Daniel Subasic melakukan tiga penyelamatan luar biasa, dan Ivan Rakitic melakukan tendangan penalti rendah terakhir ke pojok kanan bawah untuk memenangkan pertandingan.

Perempat Final Piala Dunia 2018, vs Rusia

Kroasia tidak perlu menunggu lama untuk adu penalti lainnya. Melawan Rusia di perempat final, hingga pengujung regulasi 90 menit, pertandingan berakhir 1-1 dengan Denis Cherycshev dan Andrej Kramaric sebagai pencetak gol. Memasuki perpanjangan waktu, Kroasia memimpin pada menit ke-110 melalui sundulan Domagoj Vida sebelum Mario Fernandes membalas di menit-menit akhir perpanjangan waktu.

Ivan Rakitic mencetak tendangan penalti yang menentukan untuk memberi Kroasia kemenangan 4-3 dalam adu penalti setelah Fyodor Smolov dan Mario Fernandes menyia-nyiakan peluang mereka dari titik penalti untuk negara tuan rumah.

Babak 16 besar Piala Dunia 2022, vs Jepang

Tepat sebelum turun minum, Jepang memimpin lebih dulu lewat gol Daizen Maeda sebelum dibalas oleh sundulan Ivan Perisic di menit ke-55. Kedudukan sama kuat hingga babak perpanjangan waktu, pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Dominik Livakovic menjadi pahlawan kemenangan Kroasia usai melakukan tiga penyelamatan luar biasa dalam adu penalti. Kroasia lolos ke perempat final setelah membukukan kemenangan 3-1 dalam adu penalti.

Babak Perempat Final Piala Dunia 2022, vs Brasil

Pertemuan kelima dengan Brasil berakhir imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Brasil unggul lebih dulu di babak pertama perpanjangan waktu lewat tendangan Neymar di dalam kotak penalti. Kemenangan Brasil di depan mata pupus usai Bruno Petkovic melesakkan bola ke gawang Brasil yang dijaga Allison.

Pertandingan berlanjut ke adu penalti. Empat eksekutor Kroasia lancar menunaikan tugasnya. Allison dibuat tak berkutik, salah membaca arah bola. Dominic Lovakovic lagi-lagi menjadi pahlawan kemenangan Kroasia usai menahan tendangan penendang pertama Brasil, Rodrygo.

Derita Brasil semakin menjadi usai tendangan Marquinhos membentur mistar gawang walau Lovakovic sudah salah membaca arah bola. Skor akhir 4-2 memastikan Kroasia lolos ke babak semifinal, menanti lawan antara Belanda atau Argentina.

Penulis :
Editor:
Berita Terkait