Perolehan Penonton Film Indonesia Januari 2023 Alami Penurunan, Ini Penyebabnya

Indra Kurniawan | 4 Februari 2023 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sembilan film Indonesia edar pada Januari 2023, lima di antaranya bergenre horor. Mereka antara lain Bayi Ajaib, Mangkujiwo 2, Hidayah, Alena Anak Ratu Iblis, dan Anak Titipan Setan.

Keseragaman tema di awal tahun dan kemungkinan sepanjang tahun ini merupakan efek dari kesuksesan film horor di 2022. Lima dari sepuluh film Indonesia terlaris 2022 merupakan film horor, dengan KKN Di Desa Penari dan Pengabdi Setan 2: Communion menempati posisi dua teratas.

Keseragaman tema tampaknya menjadi salah satu faktor penyebab perolehan jumlah penonton mengalami tren penurunan dibanding periode yang sama tahun lalu. Total hingga Kamis (2/2), sembilan film Indonesia yang tayang Januari telah meraup hampir 1,5 juta penonton. 

Perolehan tersebut masih tertinggal dari total penonton untuk periode yang sama pada tahun lalu. Delapan film Indonesia yang edar Januari 2022 berhasil menjaring 1,9 juta penonton, dengan penonton terbanyak diraih Dear Nathan Thank You Salma (754.444), disusul Teluh (500.039) dan Merindu Cahaya de Amstel (401.419) di posisi 2 dan 3. 

Perolehan penonton film Indonesia Januari 2023 berpotensi bertambah. Namun menyamai, apalagi melampaui pencapaian periode Januari tahun lalu tampaknya cukup berat. Satu-satunya film yang berpeluang menembus 500 ribu adalah Mangkujiwo 2. Hanya saja, dia mendapat hadangan dari film-film Indonesia yang edar Februari ini. 

Fenomena horor mendapat sorotan dari Ernest Prakasa. Dia bahkan menyebut tahun ini mengerikan sebab menurutnya produser-produser film semakin melihat bahwa film yang paling mungkin berhasil adalah horor. Di luar horor lebih baik tayang di platform OTT saja. 

"Karena ada beberapa film drama yang diproduksi dengan cukup proper, dan dengan bujet yang (besar)... product value bagus, ada yang adaptasi IP (Intellectual Property) juga, pemain-pemainnya top, akhirnya dilepas ke OTT aja, udah enggak berani untuk (ke bioskop). Mikirnya udah fatalistik aja. 'Udahlah sekarang eranya horor, drama taruh OTT aja'" jelas Ernest dikutip dari kanal YouTube Kemal Palevi, Sabtu (4/2).

Mangkujiwo 2 melejit di pekan kedua penayangan.

"Kalau enggak ada yang berani ngedobrak, kalau begini terus, nanti akan sampai ke titik jenuh juga. Bosan juga orang. (Apalagi) 2023 ini akan terjadi banjir horor di bioskop. Gue jamin, cuma tinggal masalah titik jenuhnya kapan," tambahnya. 

Mengutip filmindonesia, Hidayah yang sempat memimpin daftar film Indonesia terlaris 2023 kini tertinggal dari film Bayi Ajaib. Hidayah duduk di posisi 3 mengumpulkan 333.982 penonton, terpaut 79 ribu dari Bayi Ajaib yang memuncaki daftar sementara film Indonesia terlaris 2023.

Bayi Ajaib yang dibintangi Vino G. Bastian, Adipati Dolken, Deasy Ratnasari, dan Teuku Rifnu Wikana menyerap 412.999 penonton. Peringkat runner up secara mengejutkan ditempati Mangkujiwo 2 yang menghimpun 340.420 penonton hanya dalam delapan hari penayangan.

Dengan jumlah layar dan jam pertunjukan yang lebih banyak dari Bayi Ajaib, Mangkujiwo 2 berpeluang memuncaki daftar sementara film Indonesia terlaris 2023 awal pekan depan.

Balada Si Roy yang menyisakan 3 layar dengan 5 kali pertunjukan nangkring di peringkat 4 dengan 123.564 penonton. Sementara itu Autobiography dan Adagium yang juga menyisakan sedikit layar dan jam pertunjukan tak mampu berbuat banyak. Autobiography mendapat 30.230 penonton, Adagium 33.986.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait