Netflix Matikan Fitur Berbagi Password, Kecuali...

Siti Adisya Kirana | 7 Februari 2023 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Fitur berbagi password pada layanan streaming Netflix akan dihentikan pada Maret 2023. Kebijakan ini dibuat karena banyaknya pengguna yang telah menyalahgunakan fitur tersebut.

Fitur layanan berbagi password digunakan oleh sebagian besar orang, menjadikan Netflix sebagai layanan streaming favorit.

Sebelumnya, Netflix mengadakan fitur sharing password yang membuat pemilik akun Netflix bisa membiarkan orang lain menonton lewat akun miliknya. Banyak sekali orang yang mencari keuntungan di berbagai media sosial dengan memakai fitur tersebut.

Hal itu membuat pihak Netflix merasa dirugikan, karena fitur sharing password menjadikan keuntungan perusahaan mengalami penurunan. Bahkan Netflix mengalami penurunan pengguna sejak sebagian besar orang menggunakan fitur ini.

Informasi itu bocor dari sebuah catatan perusahaan yang dikirim ke pegawainya. Menurut The New York Times, Netflix akan mulai melarang untuk memakai layanan berbagi password itu pada bulan Maret. Tetapi pihak Netflix belum memberi kepastian tanggal mengenai penghentian fitur berbagi password itu kapan terjadi.

Menurut data yang dimiliki oleh pihak Netflix, terdapat 100 juta pengguna yang melakukan sharing password untuk diberikan kepada orang lain selain si pemilik akun.

Hal itu membuat CEO Netflix, Reed Hastings ‘Melek’  bahwa hal ini harus dihentikan. Maka dari itu, Pihak Netflix membuat kebijakan baru untuk meminimalisir kejadian ini.

Mulai Maret nanti, Netflix akan meminta biaya tambahan kepada pengguna yang sharing password kepada pengguna yang tidak tinggal dalam satu rumah. Namun fitur ini masih bisa dilakukan di satu area yang sama, tetapi penggunaan akan terbatas pada area pengguna akun primer.

Dalam menjalankan uji coba kebijakan ini di negara-negara lainnya, pengguna yang ingin menambahkan orang yang tidak tinggal satu rumah harus menambah biaya sebesar $3 per bulan atau sebesar 45.000 Rupiah di atas biaya langganan. Dengan begitu, pelan-pelan pemasukan Netflix akan mengalami peningkatan.

Kabarnya, kebijakan ini akan dimulai dari Amerika Serikat, setelah itu dilanjutkan ke negara-negara lainnya.

Dilansir MacRumors, untuk mengawasi pengguna yang melakukan sharing password, Netflix akan menggunakan beberapa cara untuk menegakkan aturan tersebut, termasuk dengan mengawasi alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun.

Sudah banyak pengguna yang melakukan sharing password sehingga merugikan perusahaan Netflix, namun Netflix belum pernah melakukan tindakan tegas bagi pengguna yang menyalahgunakan fitur tersebut.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait