Ije Kurniawan Pilih Jalur Hip-hop, Inspirasi dalam Membuat Lagu Bisa Datang dari Mana Saja

Indra Kurniawan | 15 Maret 2023 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ije Kurniawan punya alasan sendiri memilih jalur musik hip-hop ketimbang genre lainnya. Sepuluh lagu yang telah diciptakan semuanya bergenre hip-hop.

Musik menjadi passion Ije sejak kecil. Selain sering diperdengarkan lagu-lagu berbagai genre oleh orang tuanya, Ije juga dimasukkan ke tempat les piano dan gitar. 

"Saya paling suka hip-hop, jaz, dan pop. Cuma lagu-lagu yang saya buat itu lebih ke hip-hop," kata Ije Kurniawan kepada tabloidbintang.

"Jujur, saya suka hip-hop karena saya suka raper-raper dari Amerika. Cara mereka membawakan suatu lagu itu, dengan lirik yang kalau kita baca itu sangat dalam. Jadi saya suka banget," lanjutnya.

Bikin lagu sejak duduk di bangku SMP, total sudah lebih dari 10 lagu yang dibuat Ije Kurniawan. Seluruh lirik dan aransemen juga dibuat oleh Ije sendiri.

"Aku pilih jalur musik hip-hop dibanding genre lainnya, mungkin aku paling nyaman aja, sih dengarin lagu-lagu hip-hop dan paling bisa relatable ke aku. Makanya aku paling bisa bikin beat-beat hip-hop," ungkap pengidola raper Kendrick Lamar. 

Ije Kurniawan bersama ayah dan adiknya (instagram/indrayanto)

Putra sutradara Indrayanto Kurniawan dan aktris senior Hira Ninok Wiryono mengaku tidak kesulitan dalam menulis lirik. Inspirasinya bisa dari mana saja katanya.

"Nulis lirik enggak begitu sulit. Banyaklah inspirasinya. Mungkin dari kejadian sehari-hari, cerita orang yang bisa diproses menjadi lirik. Problemnya kadang-kadang dalam bikin musik dan beat-nya," beri tahu Ije. 

Terpendek Ije membuat lagu hanya 30 menit. Ada juga yang sampai 1 tahun. Ije mengaku bisa membuat lagu kapan pun dia mau. Kebetulan pelantun "Freedom" memiliki studio sendiri di kamar tidurnya. 

"Bikin beat aja 1 jam juga sudah jadi. Biasanya sih kalau matang-matangnya beberapa minggu sudah jadi 1 lagu," kata pendukung sinetron Kesetiaan Janji Cinta.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait