Setelah 4 Tahun, Surga Di Bawah Langit Akan Tayang di Hari Film Nasional

Indra Kurniawan | 17 Maret 2023 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Empat tahun lalu, Reza Rahadian, Acha Septriasa, Andien Aisyah, Jajang C. Noer, Happy Salma, Kinaryosih, Neona Ayu, Muzakki Ramdhan, dan Keira Vanaya, menjalani syuting film drama semi musikal Surga Di Bawah Langit. Syuting dilakukan di sejumlah lokasi tak biasa, salah satunya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang Bekasi. 

Diproduseri Rio Silaen, Pritagita Arianegara, dan Delly J Romanza, film ini berkisah tentang perjalanan hidup tiga orang sahabat dari kaum marjinal yang berjuang untuk sekolah dan bertahan hidup dengan caranya masing-masing. Mereka adalah yakni Ayu (Neona Ayu, Acha Septriasa), Agus (Muzakki Ramdhan, Reza Rahadian) dan Laras (Keira Vanaya, Andien Aisyah).

Ayu setiap hari menari untuk mencari nafkah dan menambah uang sekolah, Agus hidup dari mencopet, dan Laras bekerja sebagai ojek payung dan berjualan. Hidup dalam lingkungan sosial marginal yang menyatukan mereka, berjuang hari demi hari hanya untuk menyikapi dan menjalani hidup, tanpa pernah bermimpi lebih.

Ketiganya sama-sama tinggal di kawasan pembuangan sampah, Bantar Gebang. Hingga suatu hari, mereka harus berpisah dan meninggalkan tempat di mana sebetulnya mereka dapat merasakan surga. Meskipun berpisah, mereka berjanji untuk bertemu kembali di masa depan.

"Film ini mengangkat pendidikan anak kaum marginal. Karena sebagian mereka merasa pendidikan itu tidak penting, buat mereka cukup bisa survive sehari-hari," jelas Rio Silaen dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/3) sore.

Totalitas akting Neona Ayu, Muzakki Ramdhan, dan Keira Vanaya di TPST Bantar Gebang (instagram)

"Saya ingin anak Indonesia bersyukur karena ketika melihat film ini banyak yang enggak seberuntung mereka," lanjutnya.

Setelah tertunda cukup lama, Surga Di Bawah Langit yang semula akan tayang pada April 2020, akhirnya mendapat slot tayang di bioskop pada 30 Maret 2023, bertepatan dengan bulan Ramadan dan Hari Film Nasional. Surga tayang perdana berbarengan dengan 2 film Indonesia lainnya yakni Tulah 6/13 dan Teman Tidur. Bagaimana kans Surga bersaing di antara film horor? Kita lihat saja nanti.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait