Selesai Garap Film Buya Hamka, Fajar Bustomi Putuskan Pensiun sebagai Sutradara

Ari Kurniawan | 24 Maret 2023 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Fajar Bustomi begitu bangga dipercaya menggarap film Buya Hamka. Ia merasa film ini merupakan pencapaian tertinggi dalam kariernya serbagai sutradara. 

Fajar Bustomi sempat berpikir untuk pensiun sebagai sutradara setelah menyelesaikan film Buya Hamka. Namun keinginannya ditentang banyak pihak. Termasuk oleh pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang turut andil dalam film Buya Hamka.

"Saya dicegah oleh para ulama. Beliau-beliau mengatakan, saya sudah belajar film di IKJ, biar ada maanfaatnya kalau kamu terus berkarya. Itu ada berkah," ungkap Fajar Bustomi, di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (23/3).

Aktor senior Deddy Mirwar juga meminta Fajar Bustomi membatalkan niatnya. Menurut Deddy, Fajar masih dibutuhkan untuk menghasilkan film-film berkualitas. 

"Pak Haji bilang, 'kalau kamu berhenti, siapa yang nemenin saya. Bioskop sekarang isinya setan'. Saya percaya warga Indonesia religius," lanjutnya.

Sebagai sutrasara, Fajar Bustomi mendapatkan banyak pelajaran penting dari sosok Buya Hamka. Terutama dalam melewati berbagai ujian hidup.

"Film ini bercerita tentang manusia ya g berjuang melewati hidupnya, berserah kepada Allah. Saya baru diuji Allah sedikit saja begini. Buya Hamka dari kecil hingga akhir hidupnya ujian tak henti-henti," sebut Fajar Bustomi.

Film Buya Hamka dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 20 April 2023.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait