Cerita Rafael Tan Di-Bully saat Pertama Gabung Boyband SMASH

Ari Kurniawan | 29 Maret 2023 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nama Rafael Tan mulai dikenal publik lewat boyband SMASH. Siapa sangka, saat pertama kali bergabung dengan Bisma Cs, Rafel sempat mengalami perundungan alias bullying. 

Hujatan datang dari netizen di dunia maya, atau yang kerap disebut cyberbullying.

“Jadi dulu aku lebih ke cyberbullying, 13 tahun lalu,” ungkap Rafael Tan, usai peluncuran film terbarunya, "Teman Tidur" di kawasan Kemang, Senin (27/3). 

Sepengamatan Rafael, mereka yang melakukan bullying merupakan orang yang kurang perhatian. 

“Yang komen negatif itu biasanya mereka yang butuh perhatian. Mereka tuh sebenarnya kurang perhatian dari keluarga akhirnya meluapkan di sosmed,” bebernya. 

Rafael Tan. (Instagram)

Ada kalanya Rafael terpancing untuk membalas komentar negatif yang dialamatkan kepada dirinya. 

“Sempat terpancing, pengin marah, tapi setelah dari situ aku belajar, apa yang mereka bilang tidak benar,” ungkap Rafael. 

Pada akhirnya, Rafael memilih untuk menjawab hujatan yang datang dengan prestasi. Cara itu terbukti lebih ampuh untuk membungkam netizen jahil di dunia maya. 

Tama bullying yang diungkapkan Rafael Tan, sejalan dengan yang diangkat dalam film Teman Tidur. Film itu menceritakan korban Bullying yang putus asa hingga memilih untuk gantung diri. 

Rafael berharap filmnya kali ini bisa membuka mata banyak orang untuk tidak menganggap remeh praktek bullying. Sebab, hal tersebut sangat berbahaya, baik untuk korban maupun si pelaku sendiri. 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait