Indonesia Resmi Dicoret sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20!

Ari Kurniawan | 29 Maret 2023 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan tersebut dikeluarkan terkait polemik Israel di Indonesia.

Berikut pernyataan resmi FIFA yang mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 seperti dikutip dari situs resminya.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia [PSSI] Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023."

FIFA akan mengumumkan tuan rumah baru Piala Dunia U-20 2023. Sementara, jadwal turnamen tetap pada agenda semula. Dalam pernyataan tersebut juga disinggung kemungkinan sanksi untuk PSSI.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022,"

"Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat."

Sebelumnya, Presiden FIFA Gianni Infantino melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar, pada Rabu (29/3). Pertemuan tersebut dilakukan guna membicarakan soal permasalahan yang dihadapi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 tentu mengecewakan banyak pihak. Terutama insan sepak bola Tanah Air. 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait