Surau dan Kincir Air Dibangun Khusus untuk Lokasi Syuting Film Buya Hamka, Berapa Biayanya?

Ari Kurniawan | 30 Maret 2023 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Buya Hamka digadang-gadang sebagai film dengan biaya terbesar yang pernah dibuat di Indonesia. Selain untuk make up prostetik yang mencapai RP 3 miliar, anggaran besar juga digelontorkan Falcon Pictures dan Starvision untuk membangun set syuting. 

Ada beberapa bangunan yang sengaja dibuat untuk keperluan syuting film Buya Hamka di Sumatera Barat. Di antaranya set surau dan kincir air untuk wudhu.

"Lokasi ini dipersiapkan selama 30 hari. Yang digunakan untuk masa syuting selama sekitar 7 hari," ujar Fajar Bustomi selaku sutradara. 

Banyak kendala yang dialami saat membangun set tersebut. Mulai dari derasnya air sungai yang membuat poros kincir bergeser, sehingga pada saat syuting crew art harus menyelam dan memutar kincirnya secara manual.

Film Buya Hamka (Instagram)

"Lokasi ini berada di salah satu kawasan di Payakumbuh, Sumatra Barat. dengan background perbukitan yang indah, mendukung sudut pengambilan gambar yang akan memanjakan mata," terang Fajar.

Set surau dan kincir air dibangun untuk mendukung adegan saat Buya Hamka masih belia. "Pada masa inilah, Hamka, belajar mengaji, belajar pencak silat, saat itu Hamka berusia belasan tahun," tambah Fajar.

Film Buya Hamka dibintangi Vino G Bastian, Laudya Chintya Bella, Dessy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama. Film ini akan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 20 April 2023.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait