Aksan Sjuman Bersama The Apurva Rilis Buku Antologi Musik Indonesia

Supriyanto | 1 April 2023 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lama tak ada kabar, mantan drummer Dewa 19 Aksan Sjuman meluncurkan buku program musik ‘Antologi Musik Indonesia’, bersama The Apurva Kenpinski Bali.

Antologi Musik Indonesia adalah sebuah program untuk menggali lebih dalam lagi tentang keragaman budaya, khususnya musik Indonesia sebagai karya melalui sudut pandang lintas bidang.

Cerminan dari buku musik dengan judul serupa, dimana kitab musik Indonesia ini berisi sejarah dan arsip musik serta beberapa lagu ternama Indonesia di masa lalu. 

Di bawah payung Dewan Kesenian Jakarta, Antologi Musik Indonesia’ mempersatukan para musisi berpengaruh yaitu Aksan Sjuman, Anto Hoed, Anusirwan, Otto Sidharta, Aisyah Sudiarso Pletscher, Anursiwan, dan Budi Utomo Prabowo.

Keterlibatan para musisi tersebut untuk mengklasifikasikan perkembangan musik di Indonesia dan merangkumnya menjadi sebuah karya apik kumpulan musik Indonesia bersejarah. 

Aksan Sjuman mengaku sudah menunggu momen ini sejak lama. Karya ini merupakan wujud nyata usaha para seniman yang tergabung dalam wadah Dewan Kesenian Jakarta, untuk melestarikan kesenian Indonesia, khususnya di bidang musik.

"Saya telah menunggu momen ini. Karya ini merupakan wujud nyata usaha kami, para seniman yang tergabung dalam wadah Dewan Kesenian Jakarta, untuk melestarikan kesenian Indonesia, khususnya di bidang musik," ungkap Aksan Sjuman dalam virtual press conference, belum lama ini.

Acara peluncuran karya buku musik Antalogi ini berlangsung pada Rabu 29 Maret 2023 di LAtelier by Cyril Kongo bar ikonik di resor The Apurva Kempinski Bali.

Director Marketing and Communications The Apurva Kempinski Bali, Danti Yuliandari mengatakan, program ini adalah cerminan dari buku musik dengan judul serupa, dimana kitab musik Indonesia ini berisi sejarah dan arsip musik serta beberapa lagu ternama Indonesia di era terdahulu.

Aksan Sjuman, Adib Hidayat dan Director Marketing and Communications The Apurva Kempinski Bali, Danti Yuliandari

“Program ini bermaksud mencari tahu siapa saja musisi yang berdampak besar dalam membangun industri seni Tanah Air,” ujar Danti.

Lebih lanjut, Danti menegaskan, sebagai bagian dari guest experience di resor The Apurva Kempinski Bali, nantinya, tamu yang berkunjung dapat mengeksplorasi serta menyaksikan pertunjukan musik yang istimewa di Lobi resor, dimana musisi Truedy yang telah secara rutin tampil di resor ini – akan membawakan beberapa pilihan lagu dari kitab musik tersebut. 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait