Walnut Tree, Kisah Pilu Warga Kurdi Selamatkan Keluarga

Ari Kurniawan | 19 Mei 2023 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Iran selalu menghadirkan film-film yang menarik perhatian pecinta film dunia. Salah satu film yang mendapat respon positif adalah film karya sutradara Mohammad Hossein Mahdavian, berjudul Walnut Tree. Film yang naskahnya ditulis oleh Ebrahim Amini dan Hossein Hassani ini, berkisah tentang perang biografi Kurdi-Iran pemboman kimia, Sardasht pada tahun 1987. 

Film ini sudah dapat disaksikan secara resmi melalui platform digital KlikFilm, yang selalu setia menghadirkan film-film berkualitas dari berbagai belahan dunia.

Warga etnis Kurdi jarang dapat eksposur dalam film. Walnut Tree seakan menjawabnya. Aktor kawakan Iran, Payman Maadi didapuk memerankan seorang ayah bernama Qader yang hidupnya berubah ketika bom kimia dilontarkan tentara Iraq ke pemukiman warga Kurdi. Peristiwa ini benar terjadi pada 1987 di sebuah desa bernama Sardasht. 

Walnut Tree. (Istimewa)

Qader berusaha menyelamatkan keluarganya dengan mengungsikannya ke rumah sakit setempat. Sementara, sang istri berjuang melahirkan anak bungsu mereka, Qader harus menghadapi kenyataan bahwa anak-anak tertuanya tewas satu per satu karena efek gas mematikan tersebut. 

Setiap orang telah mendengar tentang Walnut Tree, sebuah film yang sangat sukses di seluruh dunia. Tahun film ini keluar adalah di 2020. Meskipun karakternya ditandai dengan naskah, pekerjaan yang dilakukan oleh aktor dan aktris film ini untuk menghidupkan karakter mereka sangat luar biasa. Dalam gips kita menemukan Peyman Moaadi, Mina Sadati, Minoo Sharifi, Mehran Modiri, Amir Arsalan Alebouyeh.

Secara keseluruhan, Ebrahim Amini, Hossein Hassani dan timnya berhasil menyampaikan pesan film melalui naskah dan penggambaran yang tidak berlebihan. Soundtrack dan musik yang ciptakan oleh Habib Khazaeifar menambah suasana film semakin hidup.

Bagian terpenting lain dari sebuah film adalah pilihan bingkai yang akan digunakan, efek cahaya yang diciptakan, arah pandangan para karakter semua keputusan dalam film ini telah dibuat Hadi Behrooz dengan detil dan pas tanpa berlebihan, sehinga menghasilkan sebuah karya yang ciamik.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait