Agatha Pricilla eks BLINK Tuangkan Nasihat Bijak Ibunda Tercinta Lewat Adriana

Indra Kurniawan | 26 Mei 2023 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perlahan tapi pasti, Agatha Pricilla lepas dari bayang-bayang grup vokal BLINK. Setelah melempar beberapa single dalam 3 tahun terakhir, cewek yang akrab disapa Pricil akhirnya memberanikan diri merilis album mini. 

Debut solo album mini perdana bertajuk Adriana di bawah naungan label musik Sun Eater merupakan sebuah tribut Pricil kepada sosok Ibundanya yang bijaksana dan penuh kasih sayang, Adriana.

“Pertama kali muncul ide untuk membuat EP (Extended Play) ini sebenarnya udah ada dari tahun 2021. Tapi, baru setelah rilis single 'Ruang' di tahun 2022, dimana itu jadi lagu pertama yang terinspirasi dari Ibuku, keinginan buat (album) rekaman ini jadi tumbuh lebih besar," kata Pricil dalam jumpa pers peluncuran Adriana di kawasan Kemang Jakarta Selatan, Kamis (25/5) sore. 

"Aku pikir, kenapa enggak membuat semacam repertoar yang berisi berbagai nasihat beliau aja, ya? Aku berutang banyak pada beliau, dan aku merasa kalau nasihat-nasihat yang diberikan Ibu buat aku, istilahnya, harus dibingkai. Pada intinya, beliau adalah alasan kenapa EP ini ada," lanjutnya. 

Berisi 5 lagu, sebagian besar lagu dalam album mini ini sudah ditulis tiga tahun sebelumnya. Oleh karena itu, setelah memutuskan pondasi besar dan tema yang ingin dieksplorasi melalui Adriana, Pricil hanya perlu menambahkan dua lagu lagi untuk melengkapi albumnya agar menjadi semacam perjalanan epik yang menceritakan bagaimana Ibunya telah membentuk dirinya menjadi perempuan seperti sekarang. 

“Aku selesai menulis 'It's Coming Your Way', 'The Art Of Letting Go', dan 'One Day' di tahun 2020, sedangkan 'Ruang' ditulis di tahun 2022, dan akhirnya 'Terang Usai Gulita' tahun ini. Sekarang terasa seperti momen yang pas untuk merilis Adriana karena narasi yang terbentuk dalam rekaman ini sudah sangat padu dan mewakili apa yang ingin aku sampaikan," ungkap Pricil.

"Sebenarnya, aku diberikan kebebasan sepenuhnya oleh semua orang, termasuk diriku sendiri, buat merilis sesuatu ketika aku udah merasa siap. Ditambah, aku juga belum pernah merilis album dengan namaku sendiri sebelumnya, jadi sekarang dirasa sebagai saat yang tepat sebelum aku ngelanjutin rekaman penuhku buat tahun depan," tambahnya. 

Agatha Pricilla meluncurkan EP perdana di kawasan Kemang Jakarta Selatan pada Kamis (25/5). (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

Meskipun memiliki tema yang sama, masing-masing lagu dalam album mini ini menyajikan narasi dan genre yang berbeda. Namun demikian, selain ingin menyampaikan pesan mendalam, Adriana juga menjadi pengingat bahwa setiap orang bisa memiliki Adriana mereka sendiri dalam hidup mereka. 

“Aku selalu percaya kalau setiap orang punya Adriana’ mereka sendiri. Enggak harus sosok Ibu, tapi bisa juga saudara, teman, pasangan, atau siapapun itu. Dan hubungan seperti itu menurutku sangatlah indah,” kata Pricil.

"Melalui EP ini, aku juga ingin mengingatkan semua orang agar enggak kehilangan dirinya sendiri, terlepas dari bagaimana kita memilih untuk menjalani hidup. Manfaatkan kebijaksanaan yang diperoleh dari Adriana kita untuk kenal lebih dalam dengan diri kita sendiri," pesannya. 

Adriana sudah dapat didengarkan di semua platform streaming digital (DSP) mulai Jumat (26/5) pukul 00.00 WIB. Pricil berharap debut album mininya dapat diterima seluruh penikmat musik Indonesia agar dapat segera mewujudkan membuat album full seperti musisi-musisi lain. Amin.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait