Rekor Mourinho Tumbang, Sevilla Raih Trofi ke-7 Liga Europa

Indra Kurniawan | 1 Juni 2023 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sevilla kembali meraih juara Liga Europa untuk ketujuh kalinya. Dalam final yang dilangsungkan di Stadion Puskas Arena, Kamis (1/6) dini hari, Ivan Rakitic dkk menundukkan wakil Italia AS Roma lewat drama adu penalti dengan skor 4-1 (1-1).

Roma unggul lebih dulu lewat sepakan striker Argentina, Paulo Dybala pada menit ke-34. Namun usai turun minum Sevilla menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Gianluca Mancini pada menit ke-55.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir dan mesti berlanjut ke babak tambahan waktu. Selama 2x15 menit, kedua tim tak mampu mencetak gol. Laga pun berlanjut ke adu penalti.

Penendang pertama Sevilla, Lucas Ocampos, berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Pun penendang pertama Roma, Bryan Cristante. Sial bagi Roma, penendang keduanya, Gianluca Mancini, gagal setelah ditepis kiper Sevilla, Yassine Bounou.

Tiga algojo Sevilla, Eric Lamela, Ivan Rakitic, dan Montiel berhasil membayar lunas kepercayaan pelatih dan membawa Sevilla meraih gelar Liga Europa ketujuh dalam tujuh final yang dilakoni.

Untuk pertama kalinya Jose Mourinho gagal membawa timnya juara di final kompetisi Eropa (Twitter)

Sevilla meraih gelar Liga Europa pertama pada 2006 usai mengalahkan wakil Inggris Middlesbrough. Setelahnya pada 2007, 2014, 2015, 2016, dan 2020. Di final Liga Europa 2020, Sevilla mengalahkan wakil Italia juga, Inter Milan. 

Sementara bagi Jose Mourinho, ini kekalahan pertama dari enam final kompetisi antarklub Eropa yang diikuti. Terakhir dia membawa AS Roma menggondol Piala Liga Konferensi Eropa 2021-2022 dengan mengalahkan Feyenoord.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait