Di Tanah Kelahirannya, One Piece Dinobatkan Sebagai Manga Terpopuler 2023

Supriyanto | 29 November 2023 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jelang pergantian tahun, majalah mingguan populer di Jepang, Weekly Shonen Jump baru saja merilis daftar komik terpopuler di negeri Sakura yang tiap bab kemunculannya paling dinanti.

Komik manga yang masuk daftar kategori terpopuler dikurasi terbit di Shonen Jump terhitung sejak 5 Desember 2022 sampai 20 November 2023. 

Komik One Piece berada di posisi pertama, yang diikuti oleh Sakamoto Days, Jujutsu Kaisen, Blue Box, My Hero Academia, Akane Banashi, Kill Blue, Witch Watch, Me & Roboco hingga Nue's Exorcist.

Selama tahun 2023, manga One Piece memang menjadi langganan masuk tiga besar sebagai manga populer pada tiap pekannya. 

Dari data Shonen Jump, selama 2023 manga One Piece tidak pernah turun ke posisi empat dan ke bawahnya. Tidak hanya itu, saat bab di manga One Piece berakhir, dalam data Shonen Jump juga disebutkan komik soal bajak laut itu sudah enam kali menjadi sampul dari versi cetak majalah dan sampul berwarna sebanyak 8 kali.

Manga One Piece juga 16 kali absen tidak terbit dari sepanjang tahun, ada 52 isu majalah yang terbit.

Dilanjutkan dengan manga My Hero Academia sebanyak 15 kali absen, Jujutsu Kaisen 10 absen, dan Black Clover dengan 10 absen.

Ada banyak penyebab yang menjadi One Piece nomor satu yakni penayangan film One Piece: RED hingga live action One Piece di platform Netflix. Para nakama pun antusias menyambut berbagai gelaran One Piece sepanjang tahun.

One Piece adalah serial manga yang dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump milik Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997, dan telah dibundel menjadi 105 volume tankōbon hingga Maret 2023.

Ceritanya mengisahkan petualangan Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang memiliki kemampuan tubuh elastis seperti karet setelah memakan Buah Iblis secara tidak disengaja. Luffy bersama kru bajak lautnya, yang dinamakan Bajak Laut Topi Jerami, menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar di dunia yang dikenal sebagai "One Piece" dalam rangka untuk menjadi Raja Bajak Laut yang berikutnya.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait