Pianis dari Seluruh Dunia Tampil di Yamaha International Highlight Concert 2023 

Seno Susanto | 4 Desember 2023 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pagelaran musik Yamaha International Highlight Concert (YIHC) 2023 sukses digelar di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (3/12). Konser tersebut menampilkan siswa Yamaha Music School dari seluruh dunia. 

Konser ini dibuka dengan apik oleh In Pop Band lewat lagu Calipso. Komposisi lagu tersebut dibuat oleh Eloy Miguel Davila Gomez dari Venezuela. 

Pada sesi Electone Solo dimainkan oleh Hsu, Shan Chieh (Taiwan) lewat lagu Space Travel, Isaac Nathaniel Lukito Setiawan (Indonesia) Macro Contraption, dan Lim Han Quan (Singapura) dengan lagu Kibou (Hope). 

Sedangkan Piano Solo dimainkan oleh Keira Chung (Kanada) lewat lagu Cat and Mouse, Bi Yoo (Korea Selatan) The Last Stage,  Jaden Wan Wen Xi (Malaysia) The Spy, Yee You Ray (Singapura) Through Time, Shiho Numanoi (Jepang) Ballade dan Lim Yee Vaine (Malaysia) lewat lagu Italian Concerto in F major, BMV 971: I. Allegro. 

YIHC 2023 bukan saja menampilkan penampilan solo murid-murid sekolah musik Yamaha, tetapi juga secara ensemble. Musik ensemble merupakan kombinasi beberapa jenis alat musik yang bisa dimainkan secara harmonis. 

Untuk sesi ensemble, beberapa lagu dimainkan secara harmonis seperti Through the Dream World (Komposisi oleh Michael Ethan Hoo) Indonesia, I like being alone ( Komposisi oleh Ink Waruntorn Paonil) Thailand, Just Wanna Music ( Komposisi oleh Jin Yongxiang) Tiongkok. 

Konser YIHC 2023 ditutup penampilan dari Ethnosepta lewat Traditional Indonesian Medley ( Aransemen oleh Kenan Loui Widjaja), Indonesia. 

Kenan Loui Widjaja yang juga kibordis Isyana Sarasvati itu mengaku kagum dengan para penampil di konser tersebut. Terutama penampilan dari Ethnospeta yang mampu membuat aransemen musik yang keren. 

"Iya, band penutup dan aransemen dasar aku yang bikin, mereka kembangin lagi. 
Secara kualitas bagus, kayak kemampuan individual mereka udah sangat bagus. Bikin aransemen cepet, yang lebih lama menhatukan visi," ucap Kenan Loui.

Selain menampilkan karya klasik pada piano, konser tersebut mempertemukan siswa yang mempelajari musik pop seperti menyanyi, bermain drum, serta banyak lagi. 

Sejumlah siswa menampilkan pertunjukan improvisasi dalam format estafet, menggunakan musikalitas mereka sendiri untuk mengembangkan melodi pendek dua birama. 

Yamaha International Highlight Concert pertama diadakan pada tahun 2019 di Singapura, sebagai penyatuan dari Asia Pacific Junior Original Concerts, Yamaha Electone Festival, Yamaha Junior Piano Competitions, dan konser lainnya yang menampilkan siswa yang telah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Yamaha Music School.

Penulis : Seno Susanto
Editor: Seno Susanto
Berita Terkait