Marcella Zalianty Perkenalkan Laksamana Malahayati kepada Generasi Milenial

Altov Johar | 22 Mei 2018 | 04:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Marcella Zalianty menggagas penggarapan komik pahlawan nasional asal Aceh, Keumalahayati atau Malahayati, dan bekerjasama dengan penerbit Gramedia.

Alasannya, dia ingin mengenalkan sosok pejuang Aceh, laksamana wanita pertama di dunia, yang merupakan simbol kemaritiman bagi Indonesia.

"Saya sedih melihat generasi saat ini dimana banyak yang tidak tahu tentang sosok Malahayati. Jadi penting untuk memulai memperkenalkannya dari komik, yang bisa masuk ke berbagai rentang usia dan kalangan," ujar Marcella Zalianty di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Senin (21/5).

Menurut Marcella, masyarakat Indonesia harusnya bangga dengan Sosok Malahayati, yang tak kalah dibanding superhero wanita ciptaan Hollywood. Bahkan, Malahayati merupakan perempuan pertama di dunia yang meraih gelar laksamana.

"Kalau di Amerika ada Wonder Women, jadi kita juga punya nih tokoh sejarah yang bisa kita kemas secara kreatif dan jadi simbol kemaritiman saat ini. Karena Indonesia kan juga sebagai negara maritim terkuat," papar Marcella.

Selain melalui medium komik, Marcella Zalianty juga berencana mengangkat toko Keumalahayati ke layar lebar. Sementara ini Marcella mengaku masih dalam proses pengarapan cerita, karena tidak mudah menerjemahkan kehebatan Malahayati dalam durasi 2 jam.

"Pilih part apa aja itu sulit. Buat saya Malahayati luar biasa, lebih dari pahlawan. Dia laksamana pertama di Indonesia dan dunia. Tokoh yang luar biasa. Film dibuat kekinian namun kultur sejarahnya tidak hilang," pungkas Marcella Zalianty.

(tov / gur)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait