Jadwal Liga 1i: Arema, PSMS, Sriwijaya FC

TEMPO | 22 Mei 2018 | 06:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Liga 1 2018 pekan ke-10 akan mulai bergulir Selasa hari ini, 22 Mei 2018. Ada empat pertandingan yang akan berlangsung, yakni Arema FC melawan Bhayangkara FC, Mitra Kukar versus PSMS Medan, PS Tira berhadapan dengan Perseru Serui, dan Sriwijaya FC yang ditantang PSIS Semarang.

Arema FC akan menjamu Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan, Malang. Berada di dasar klasemen, tim tuan rumah dipastikan bakal mati-matian agar bisa memetik kemenangan. Dari sembilan pertandingan yang telah dijalani, tim berjuluk Singo Edan baru bisa mengumpulkan enam poin.

Untuk mendongkrak performa, terobosan sudah dilakukan manajemen dengan mengganti pelatih kepala dari Joko Susilo ke Milan Petrovic. Namun, pada debut pertama menjadi pelatih kepala, Petrovic gagal membawa Arema FC mendulang poin. Mereka kalah 0-1 dalam lawatan ke Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, markas Bali United.

Petrovic enggan menyerah. Meskipun kalah, dia melihat ada peningkatan performa yang ditunjukan oleh Dendi Santoso dan kawan-kawan, dan dia optimistis ke depan semua kelemahan bisa teratasi. "Kami tahu saat ini sedang dalam situasi yang tidak bagus, tapi saya yakin Arema FC akan segera keluar dari situasi sulit seperti ini," ujar pria kelahiran Serbia tersebut, seperti dikutip laman resmi Liga 1.

Arema FC mendapat sedikit keuntungan. Bhayangkara FC datang tanpa membawa gelandang andalan mereka, Paulo Sergio untuk pertandingan nanti. Kondisi pemain asal Portugal tersebut sedang tidak fit, sehingga harus ditinggal. Namun, bukan berarti The Guardian akan mudah dikalahkan begitu saja oleh Singo Edan.

Baru saja menang tipis 1-0 atas Mitra Kukar menjadi bekal positif bagi skuat asuhan Simon McMenemy. Mereka ingin menjaga momentum ini untuk bangkit dari keterpurukan. Sebagai juara bertahan, mereka ada di peringkat ke-10 klasemen sementara dengan mengoleksi 12 poin.

Pada laga lain, Sriwijaya FC akan menjamu PSIS di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring. Kedua tim baru saja menelan kekalahan di pertandingan sebelumnya. Sriwijaya takluk 0-1 di kandang PSMS Medan, sedangkan PSIS baru menelan dua kekalahan dari Barito Putera dan PS Tira di kandang sendiri.

Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, menyebut timnya ingin segera mungkin bangkit. "Kami harus kembali ke situasi semula yakni di jalur kemenangan setelah kekalahan kemarin. Beok kita butuh kewaspadaan dan kerja keras untuk menunjukkan permainan terbaik," kata Rahmad.

Ia tetap mewaspadai lawan yang baru menelan dua kekalahan beruntun. Baginya, tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar sulit ditebak dalam hal permainan di setiap pertandingan. Dirinya mencontohkan saat PSIS mampu bermain apik dan menahan Bhayangkara FC, tanpa gol di Sidoarjo.

"Kami mewaspadai PSIS yang menurut saya berpotensi mengejutkan dan sebenarnya bermain bagus selama ini. Kami akan menyolidkan hal transisi dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya," ujar dia.

Sementara di kubu PSIS, pelatih Vicenzo Alberto Annese, menegaskan timnya datang ke Palembang untuk membawa pulang poin. Pada laga nanti, faktor psikologi akan berperan penting bagi timnya setelah dua kekalahan beruntun. "Kami ke Palembang ingin membuktikan diri jika PSIS tetap bisa eksis. Artinya kita akan tunjukkan yang terbaik, bukan hanya mencuri poin namun juga memenangkan pertandingan," tegasnya.

Sementara itu, Mitra Kukar bertekad bangkit saat menjamu PSMS Medan. Mereka baru saja menelan kekalahan dari Bhayangkara FC. Mereka diuntungkan rekor kandang yang bagus karena selalu menang dengan skor 3-1 di tiga pertandingan kandang terakhirnya. Tiga tim yang harus bertekuk lutut adalah Madura United, Persebaya Surabaya dan Bali United.

“Kami ingin bermain seperti saat laga lawan Bhayangkara FC lalu. Namun pemain harus dapat lebih tenang lagi saat berhadapan dengan penjaga gawang lawan. Ini yang kami benahi untuk pertandingan nanti,” jelas pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin.

Satu kendala yang akan dihadapi Mitra Kukar adalah bakal absennya gelandang asing, Danny Guthrie. Pemain asal Inggris ini absen karena akumulasi kartu kuning. Padahal mantan pemain Liverpool di Liga Inggris ini selalu menjadi pilihan utama pelatih dalam 9 laga sebelumnya.

PSMS akan hadir di Tenggarong dengan 18 pemain yang siap tempur. Mereka tak diperkuat dua gelandangnya yang cedera, yakni Suhandi dan Dilshod Sharofetdinov. Pemain muda serbabisa Frediyan Wahyu juga cedera, sedang pemain muda potensial lainnya, Firza Andika tengah bersama timnas U-19 di Yogyakarta.

"Memang ada beberapa pemain yang tak bisa tampil. Namun kami berharap kondisi para pemain lainnya tetap siap tempur untuk pertandingan melawan Mitra Kukar nanti," ujar pelatih PSMS, Djadjang Nurdjaman.

Sebuah target besar yang kini tengah diincar PSMS yakni meraih kemenangan di laga tandang. Mereka selalu menelan kekalahan di empat laga tandangnya.

Jadwal selengkapnya

Selasa, 22 Mei 2018
20:30 Arema FC vs Bhayangkara FC (Indosiar)
20:30 Mitra Kukar vs PSMS Medan
20:30 PS Tira vs Perseru Serui
20:30 Sriwijaya FC vs PSIS Semarang (O Channel)

Rabu, 23 Mei 2018
20:30 Persib Bandung vs PSM Makassar (Indosiar)
20:30 Pusamania Borneo vs Bali United

Kamis, 24 Mei 2018
20:30 Barito Putera vs Persela Lamongan (Indosiar)

Jumat, 25 mei 2018
20:30 Madura United vs Persebaya (O Channel)
20:30 Persija Jakarta vs Persipura Jayapura (Indosiar).

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait