Kenapa Harus Iqbaal Ramadhan yang Memerankan Minke di Film Bumi Manusia?

Nanda Indri Hadiyanti | 28 Mei 2018 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Novel Bumi Manusia diangkat ke layar lebar dengan Hanung Bramantyo sebagai sutradaranya. Hanung Bramantyo memilih Iqbaal Ramadhan memerankan Minke, tokoh utama dan tokoh sentral dalam kisah Bumi Manusia. 

Pemilihan tokoh utama pastinya kerap menuai pro dan kontra. Seperti halnya saat Iqbaal Ramadhan yang terpilih sebagai Minke di film tersebut. Namun Hanung Bramantyo punya alasan sendiri mengapa dirinya memilih Iqbaal Ramadhan sebagai tokoh utamanya.

"Pertama tertulis jelas dalam Bumi Manusia, Minke umur 20 dan Annelies sekitar umur 17. Jadi memang anak-anak muda. Pak Pram berbicara gejolak anak-anak muda," kata Hanung Bramantyo ditemui di Desa Gamplong, Yogyakarta, Kamis (24/5). 

Gejolak yang dialami Minke saat itu, menurut Hanung Bramantyo, tercermin pada Iqbaal Ramadhan mewakili generasi milenial yang saat ini juga tengah bergejolak dengan perubahan globalisasi di sekitar. Sehingga Hanung Bramantyo melihat adanya kesamaan era yang tengah dihadapi remaja seusia Iqbaal dengan yang dialami Minke dalam Bumi Manusia. 

"Kenapa sih Iqbaal, mentang-mentang kemarin sukses Dilan. Dilan adalah salah satu momentum bagaimana film Indonesia disambut generasi milenials. Orang moderen itu aku berpikir maka aku ada, jadi kebanyakan mikir. Kalau milenials ngetik dulu baru kemudian mikir. Begitu. Yang penting spiritnya, yang penting ketawa, yang penting asyik. Itulah milenials. Itulah Minke," tutur Hanung Bramantyo. Dengan begitu, sosok Iqbaal Ramadhan dianggap bisa mewakili generasi milenial mengalami gejolak seperti Minke. 

(nda/ray)

Penulis : Nanda Indri Hadiyanti
Editor: Nanda Indri Hadiyanti
Berita Terkait