Soal Film Lima, Lola Amaria Pasrah dengan Keputusan LSF

TEMPO | 28 Mei 2018 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lola Amaria memvisualkan Pancasila dalam film berjudul Lima. Film ini digarap oleh lima sutradara yang berbeda, di mana masing-masing mengerjakan tema yang mewakili satu sila Pancasila. 

Lembaga Sensor Film (LSF) memberikan rating sensor untuk 17 tahun ke atas terhadap film yang tayang serentak mulai 1 Juli 2018 ini. Padahal Lola menargetkan film ini bisa ditonton oleh lebih banyak anak muda Indonesia.

Menurut Lola Amaria, LSF merasa keberatan dengan salah satu bagian film Lima khususnya pada adegan di Sila 1. LSF, kata dia, meminta produser dapat melakukan revisi jika ingin mendapat lolos sensor di atas 13 tahun. Adapun revisi itu khusus pada adegan itu karena dikhawatirkan berpotensi memunculkan kontroversi di masyarakat.

Lola mengatakan, tim produser film telah bertemu dengan LSF untuk melakukan audiensi dan bernegosiasi terkait keputusan itu. Menurut Lola, pihak tim produser telah meminta LSF memberikan lolos sensor untuk penonton 13 tahun ke atas.

"Dikarenakan tidak ada titik temu, dan kebutuhan untuk tayang di seluruh bioskop nasional dalam beberapa hari mendatang, maka kami tidak punya pilihan lain selain menerima keputusan tersebut," kata dia.

Meski demikian, Lola Amaria berterima kasih kepada LSF yang telah bekerja secara professional dan amanah dalam menjalankan tugas. Apalagi, tidak mudah memberikan keputusan sensor terhadap ratusan atau mungkin ribuan film yang beredar di masyarakat.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait