Kisah Dimas Djayadiningrat Sutradara Iklan Ramayana Tolak Permintaan Sheila on 7

Wayan Diananto | 5 Juni 2018 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lama tak muncul, sutradara Dimas Djayadiningrat (44) kembali diperbincangkan publik setelah iklan Ramayana buatannya viral di jagat maya. Iklan dengan lagu kasidah itu ditonton lebih dari 12 juta kali di laman YouTube. Angka yang fenomenal untuk sebuah iklan komersil. Dalam wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com, Dimas Djayadiningrat punya banyak cerita untuk dibagi.

Salah satunya, alasan mengapa kini jarang menyutradarai video klip. "Untuk menyutradarai video klip, saya harus suka dulu dengan lagunya. Itu kebijakan dari zaman dulu. Kemarin Sheila on 7 minta saya menyutradarai salah satu lagunya, saya suka lagunya tapi tidak bisa karena sedang mengerjakan proyek iklan. Mengingat, jadwal syuting iklan detail dan direncanakan jauh sebelumnya," terang Dimas Djayadiningrat di Jakarta, belum lama ini.

Bikin video klip di zaman sekarang, menurut Dimas Djayadiningrat, tidak mudah. "Sekarang susah bergerak kalau bujet produksinya terbatas. Bujet produksi video klip tidak sebesar dekade 1990-an. Di era itu, bujet produksi antara 70 sampai 100 juta rupiah. Saya bisa pakai kamera mahal 16 mili. Sekarang, bujet video klip tidak lebih dari 100 juta," sambungnya.

Kini bujet 100 juta rupiah hanya untuk penyanyi papan atas. Tak banyak perusahaan rekaman yang mau menggelontorkan uang sebanyak itu. Itu salah satu alasan Dimas Djayadiningrat hijrah dari video klip ke iklan hingga sekarang.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait