Kisah Nyata di Balik Berlian Toussaint, Target Pencurian dalam Oceans 8

Andira Putri | 8 Juni 2018 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Oceans 8 tayang di Indonesia mulai Jumat (8/6). Film yang dibintangi Sandra Bullock hingga Rihanna ini mengisahkan aksi pencurian berlian Toussaint oleh tujuh orang perempuan.

Toussaint merupakan berlian kreasi lini perhiasan Cartier. Berlian ini muncul dalam sebuah kalung berukuran besar untuk Ocean's 8. Dalam film, Toussaint dibanderol harga 150 juta Dollar (sekitar 2 triliun Rupiah) dan disimpan di brankas bawah tanah.

Toussaint bukanlah hasil imajinasi penulis saja. Berlian tersebut nyata dan pernah diciptakan oleh Jacques Cartier pada tahun 1931. Jacques Cartier kemudian memberikannya kepada Maharaja Nawanagar.

Meski begitu, ukuran asli berlian berbeda dengan yang hadir dalam Ocean's 8. Ukurannya harus diperkecil karena versi asli berlian dirancang untuk laki-laki. Ini tentu terlalu berat jika dipakai oleh Anne Hathaway yang ikut menjadi target pencurian dalam film.

"Ukuran berlian diperkecil sebesar 15 hingga 20% sehingga sesuai dengan tubuh Anne Hathaway," kata Harper's Bazaar Arab pada Kamis (7/6).

Perbedaan juga terlihat dari segi warna. Berlian Toussaint asli tidak hanya berwarna putih saja seperti dalam Ocean's 8 melainkan bercampur dengan biru.

"Versi asli mengusung berlian sebesar 136,25 karat dengan warna biru dan putih. Berlian ini dikenal dengan nama Queen of Holland," tulis situs Vogue.

Nasib berlian asli tersebut tidak diketahui hingga sekarang. Berlian hilang seiring dengan pengasingan Maharaja. Namun, pihak Cartier memutuskan untuk membuat replikanya.

Replika berlian dinamakan Jeanne Toussaint sebagai bentuk apresiasi terhadap mantan direktur kreatif lini perhiasan tersebut. Nama Toussaint ini yang dirujuk oleh Sandra Bullock dan kawan-kawan sepanjang aksi mereka dalam Ocean's 8.


(dira)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait