Piala Dunia 2018: Hadapi Ronaldo, Maroko Pasrah

TEMPO | 20 Juni 2018 | 09:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Maroko bakal menghadapi Portugal di pertandingan kedua fase penyisihan Grup B di ajang Piala Dunia 2018 pada Rabu malam WIB, 20 Juni.

Menghadapi laga tersebut, pelatih Maroko, Herve Renard mengatakan timnya tidak punya rencana khusus untuk mengantisipasi pergerakan dari pemain bintang Portugal, Cristiano Ronaldo.

Menurut dia, rencana apapun yang akan diterapkan oleh timnya untuk bisa menjaga pemain peraih lima gelar Ballon d'Or itu pasti akan berjalan dengan sia-sia.

"Bahkan jika anda menyulap rencana terbaik untuk bisa menghentikan Ronaldo, saya yakin dia akan menemukan cara untuk menghancurkannya. Dia pemain yang selalu membuat perbedaan dan selalu menemukan cara terbaik agar timnya bisa menang," ujar Renard, Selasa, 20 Juni 2018.

Menurut Renard, Ronaldo adalah pemain yang sangat luar biasa dan memiliki kemampuan yang istimewa. Karena itu, Iia tidak yakin timnya bisa mengantisipasi pergerakan dari pemain berusia 31 tahun tersebut.

"Tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin agar ia tidak bisa tampil se-istimewa itu pada laga mendatang," ujar mantan pelatih Lille itu.

Di laga yang lain, Islandia telah membuktikan bahwa mereka bisa meredam pergerakan dari pemain bintang, Lionel Messi dengan penjagaan langsung dari tiga pemain sekaligus. Hasilnya, secara mengejutkan Islandia berhasil menahan imbang Argentina dengan skor 1-1.

Meski begitu, Renard mengaku tidak tertarik untuk mengikuti strategi yang telah diterapkan oleh Islandia tersebut. Pasalnya, menurut dia, Portugal memiliki banyak penyerang yang juga patut diantisipasi selain Ronaldo.

"Jika anda memiliki tiga pemain untuk menjaga Ronaldo, lalu bagaimana dengan penjagaan kepada pemain yang lain?" kata Renard.

"Kami akan menghadapi juara Eropa pada laga nanti. Jangan lupa, di final Euro 2016 kontra Prancis, Ronaldo harus keluar lapangan di awal pertandingan karena cedera, dan timnya masih bisa meraih gelar juara untuk Portugal," ujarnya.

Untuk itu, Renard berujar bahwa ia telah menginstruksikan agar timnya bisa beristirahat dengan tenang tanpa harus memikirkan Ronaldo jelang laga kontra Portugal mendatang.

"Dan jika ini adalah kali terakhir bagi kami untuk bisa bermain melawan Ronaldo, maka kami harus menampilkan permainan yang terbaik sesuai dengan kemampuan kami," ujarnya.

Di laga sebelumnya kontra Spanyol pada Jumat pekan lalu, Ronaldo memang telah menunjukan kualitas bintangnya dengan mencetak hat-trick bagi Portugal, meski mereka akhirnya harus menelan hasil imbang dengan skor 3-3.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait