Asian Games: Timnas U-23 Hanya Butuh Imbang Untuk ke 16 Besar

TEMPO | 20 Agustus 2018 | 09:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Timnas U-23 akan menghadapi Hong Kong pada laga terakhir babak penyisihan Grup A Asian Games 2018 Senin malam nanti, 20 Agustus 2018. Hansamu Yama cs hanya butuh hasil seri untuk lolos ke babak 16 besar. 

Timnas U-23 kini menduduki posisi ketiga klasemen grup A dengan perolehan 6 angka dari 3 laga. Skuad asuhan Luis Milla hanya terpaut 2 angka saja dari Palestina yang memuncaki klasemen dan 1 angka saja dari Hong Kong yang berada di posisi kedua. Sejatinya, hanya dua tim teratas yang akan lolos ke babak 16 besar. Namun terdapat 4 tiket peringkat ketiga terbaik yang bisa diraih Indonesia. 

Penentuan peraih empat tiket dari peringkat ketiga terbaik itu dinilai berdasarkan angka yang dikumpulkan dalam babak penyisihan. Jika angka yang 
dikumpulkan sama, maka penentuan dilakukan dengan selisih gol yang tiap tim  miliki. Jika kedua kriteria itu masih juga sama, maka akan ditentukan dari tim yang paling sedikit mnenerima kartu kuning. 

Indonesia yang sudah mengantongi 6 angka dari 2 kemenangan sebenarnya sedikit  dirugikan karena laga melawan peringkat kelima tak akan dihitung. Dalam aturan Asian Games 2018 disebutkan bahwa hasil melawan peringkat kelima dalam grup yang berisi lima negara tak akan diperhitungkan untuk memastikan azas keadilan. Pasalnya, hanya grup A yang berisi lima negara sementara grup lainnya berisi empat negara. 

Dengan demikian, dalam persaingan memperebutkan peringkat ketiga terbaik, Indonesia hanya dianggap memiliki 3 angka dan selisih gol 3. Meskipun demikian, Indonesia saat ini masih lebih unggul ketimbang peringkat ketiga dari grup lainnya.

Dengan persaingan seperti itu, Timnas U-23 hanya membutuhkan hasil seri untuk memastikan posisi berada di posisi empat besar daftar tersebut. Dengan raihan 4 angka, posisi Timnas U-23 tak akan goyah meskipun Kirgistan dan Myanmar/Korea Utara memenangkan laga terakhir mereka. 

Posisi Timnas U-23 hanya akan terancam jika pada laga melawan Hong Kong mereka kalah lebih dari 10 gol sementara Kirgistan dan Myanmmar/Korea menang. Jika skenario ini terjadi, maka 4 tiket dari jatah peringkat ketiga terbaik babak penyisihan Asian Games 2018 akan diraih oleh Kirgistan, Myanmar/Korea Utara, UEA dan Pakistan. 
 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait