Membuat Horor Wewe Gombel, Begini Sosok Hantu Legenda Itu di Mata Joko Anwar

Wida Kriswanti Jumat, 14 September 2018 20:10:00
Membuat Horor Wewe Gombel, Begini Sosok Hantu Legenda Itu di Mata Joko Anwar (Seno / Tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak awal tahun 2018, Joko Anwar diketahui terlibat sebagai salah satu dari enam sutradara dalam produksi serial horor terbaru HBO Asia, Folklore. Jumat (14/9), dalam sesi screening Folklore episode Indonesia yang oleh Joko Anwar diberi judul A Mother's Love, akhirnya terungkap kisah horor yang diangkat sutradara Pengabdi Setan (2017) adalah tentang hantu legenda wewe gombel, hantu wanita yang konon suka menculik anak kecil. 

Didapuk sebagai pemeran utama wanita dalam A Mother's Love, presenter sekaligus aktris yang lebih dulu mengawali karier di panggung teater, Marissa Anita. Ia berperan sebagai Murni, seorang ibu dari anak laki - laki berusia 7 tahun bernama Jody. Murni, yang hidupnya serba kesulitan, karena suatu kesalahan yang diperbuatnya, harus bersaing cintanya sebagai seorang ibu dengan sesosok wewe gombel. 

Ditanya mengapa memilih hantu wewe gombel dalam karya terbarunya, Joko Anwar mengungkap alasan yang cukup sentimentil. Berdasarkan pengetahuan yang disertai riset yang dilakukan olehnya, wewe gombel memiliki latar kisah yang bisa membuat siapapun tersentuh. 

"Berdasarkan riset wewe gombel (yang dilakukan) ada beberapa sumber yang mengatakan kalau wewe gombel ini semasa hidupnya adalah seorang wanita menikah yang tidak bisa punya keturunan, yang suaminya selingkuh, lalu saking kecewanya memutuskan bunuh diri," tutur Joko Anwar.

Lalu perihal penampakan fisik wewe gombel yang khas dan dipertahankan Joko Anwar, yaitu payudara yang sampai ke bawah, bahkan punya makna yang lebih membuat haru. "Bentuk fisik kenapa payudaranya sampai ke bawah, karena sebagai suatu simbol seorang ibu yang punya banyak love (cinta) untuk diberikan," kata Joko Anwar di sesi konferensi pers.

Pesan cinta ini pula yang kemudian menjadi landasan kisah hantu legenda wewe gombel yang dituturkan Joko Anwar dalam A Mother's Love

Folklore, terutama episode perdana yang digarap Joko Anwar, dapat disaksikan pada Minggu, 7 Oktober 2018, pukul 21.00 WIB, hanya di HBO Asia. 

(wida / wida)

Penulis Wida Kriswanti
Editor Wida Kriswanti
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.