4 Album Dangdut Lintas Generasi Paling Asyik Menurut Siti Badriah

Wayan Diananto | 28 September 2018 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Siti Badriah merekomendasikan 4 album dangdut lintas generasi yang layak dikoleksi. Adakah salah satunya favorit Anda?

1. Bisik-bisik Tetangga (Elvy Sukaesih, 1996)

Sibad menilai hampir semua album Elvy nendang sekaligus layak dijadikan referensi bagi generasi dangdut masa kini. Salah satu yang paling membekas di ingatannya, Bisik-Bisik Tetangga yang melahirkan lagu hit berjudul sama. Menurutnya, melodi lagu ini mudah diingat dan liriknya unik.

2. Makan Darah (Rita Sugiarto, 1992)

Mempertahankan suara khas selama berpuluh tahun sambil mencetak hit itu bukan perkara gampang di industri musik. Rita Sugiarto salah satu yang berhasil melakukannya.

“Dari era 1990-an kita mengenal 'Mati Lampu,' 'Zaenal,' sampai 'Makan Darah'. Itu sebabnya beliau dipercaya menjuri ajang pencarian bakat di layar kaca dengan jargon khas 'sukses ya, Say,'” Sibad mengulas.

3. Goyang Inul (Inul Daratista, 2003)

Membahas album Inul membuat Sidab emosional. Beberapa hitnya seperti “Goyang Inul” dan “Kocok-kocok” sering Sibad lantunkan dari panggung ke panggung ketika masih kecil dan belum memiliki album sendiri.

“Mengingat album Goyang Inul sama seperti mengingat masa merintis karier. Itulah masa perjuangan yang berat dan keras. Album Bunda Inul saksi perjuangan saya,” kenang Sibad.

4. Gotik dari Zaskia Gotik (2013)

Setelah generasi Inul, lahirlah generasi Zaskia Gotik. Dalam pandangan Sibad, Zaskia tidak sekadar cantik dan seksi. Gaya busananya sebagai penyanyi dangdut pun berselera.

“Tak hanya menjual penampilan fisik, Zaskia melahirkan banyak hit seperti '1000 Alasan,' 'Sudah Cukup Sudah,' dan 'Tarik Selimut.' Buat saya, Zaskia Gotik adalah perpaduan teknik vokal yang matang dan fisik yang oke. Dia paket lengkap,” sanjungnya. 

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait