Perkuat Rasa Nasionalisme, Beswan Djarum Gelar Pentas Jejak Kirana Nusantara

Altov Johar | 26 September 2018 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bakti pendidikan Djarum Foundation menggelar pementasan bertajuk Jejak Kirana Nusantara, yang menjadi puncak rangkaian nation building 2018. Tema ini diangkat untuk memperkuat rasa nasioanlisme bagi kaum muda, terutama di antara beswan Djarum.

Adalah Denny Malik yang ditunjuk sebagai pengarah gaya para Beswan Djarum dalam  pementasan ini. Meski bukan pelakon profesional, mereka secara sanggup memerankan drama tari secara apik.

"Salah satu tujuan nasional building untuk menguatkan wawasan berkebangsaan. Menguatkan makna dan hakekat bangsa dan berkebangsaan," ujar Laksmi Lestari selaku Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/9) malam.

Denny Malik melanjutkan, secara garis besar pementasan ini menceritakan tentang Indonesia, dari mulai zaman kerajaan kuno hingga masa kini dalam bentuk musika. Hanya empat hari Denny mengaku menyiapkan beswan Djarum, untuk pementasan Jejak Kirana Nusantara.

"Ada ide kreatifnya di sini. Yaang pasti enggak jauh-jauh, tetap tentang budaya Indonesia. Kirana artinya irama kehidupan karena ini musikal," katanya.

Selain Denny Malik, pementasa Jejak Kirana Nusantara turut melibatkan Reza The Groove sebagai pelatih vokal, Dipo Voice untuk melatih paduan suara, dsn tim musik pendukung Asri Hardjakusumah and the White Orchestra.

Jejak Kirana Nusantara mengisahkan 3 sosok penjaga waktu, sebagai saksi bisu pencatat pergulatan rakyat Indonesia. Dimulai saat Gajah Mada mengucapkan sumpahnya untuk menyatukan Nusantara, diikuti kedatangan bangsa asing yang semula tertarik untuk menjalin perdagangan lewat Laksaman Cheng Ho.

Kemudian datang bangsa Eropa yang memacu pada perang kedaerahan dan diikuti momentum Sumpah Pemuda. Pun dengan kedatangan Jepang disertai gerakan kemerdakaan. Hingga akhirnya bergeser ke zaman pembangunan dan digital, yakni tampilnya Beswan Djarum sebagai sosok mahasiswa berprestasi calon pemimpin bangsa. 

(tov/ari)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait