4 Album Jazz untuk Referensi Generasi Muda versi Eva Celia

Wayan Diananto | 29 Oktober 2018 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak hanya album kekinian, tapi juga album era klasik dari dekade 1950-an atau 1960-an.” Untuk para penikmat musik, khususnya jaz, Eva Celia merekomendasikan 4 album berikut ini. 

1. Perfect Animal (Becca Stevens Band, 2015)

Orang bilang, jaz musik yang berat dan sulit dicerna namun album ini sukses mementahkan tudingan itu.

“Karena itulah Perfect Aminal menjadi yang pertama terlintas di pikiran saya ketika membahas album jaz yang ringan, tetap berkelas, dan cocok untuk generasi muda,” Eva mengulas seraya menambahkan, album ini berisi sejumlah tembang keren seperti “I Asked” dan “Imperfect Animal.”

2. Culcha Vulcha (Snarky Puppy, 2016)

Muda dan berprestasi, begitulah Eva menggambarkan Snarky Puppy saat mereka merilis album bertajuk Culcha Vulcha.

“Mereka anak-anak muda yang hampir setiap tahun melepas karya baru. Mereka merangkul audiens lintas usia dan mampu memangkas jarak antara penikmat musik dan pemilik album. Musiknya menampilkan semburat pop dan musik dansa elektronik, namun tidak sampai mengobrak-abrik fondasi jaz yang menjadi akar mereka,” urai dia.

Omong-omong soal pencapaian, Snarky Puppy telah meraih 3 Grammy termasuk Album Instrumen Kontemporer Terbaik tahun lalu.

3. Portrait in Jazz (Bill Evans, 1960)

“Pada akhirnya saya selalu kembali ke akar jaz yang sebenarnya, yakni album-album milik musisi di era klasik, Bill Evans. Saya merekomendasikan album klasik ini kepada generasi muda sembari memberi tahu, dialah salah satu akar jaz paling kuat sejagat,” urai Eva.

Memulai karier sejak tahun 1950-an, musisi yang meninggal pada 1980 itu diganjar 31 nominasi Grammy dan memenangi 7 di antaranya. Album Portrait of Jazz salah satu yang sangat disanjung para pengamat musik. Selain itu, sejumlah media internasional memberi nilai lima bintang untuk album ini.

4. Soultrane (John Coltrane, 1958)

Akan sulit menemukan album keempat John Coltrane ini namun perkembangan teknologi dan beragamnya platform digital memungkinkan Anda mendapat sebagian, bahkan, seluruh materi album legendaris ini.

Eva memperoleh rekaman album ini dari koleksi keluarga besarnya. Soultrane merupakan album keempat John yang lahir pada 1926 dan mangkat pada 1967. Album ini hanya diisi 5 lagu.

“Mendengarkan album ini membuat saya seperti pulang dari perjalanan jauh. Sangat teduh dan menyenangkan mendengarkan karya ini,” Eva mengakhiri perbincangan.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait