Kisah Dara Puspita Difilmkan, Band Wanita Indonesia Pertama yang Mendunia

Ari Kurniawan | 29 Oktober 2018 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejarah musik Indonesia mencatat nama Dara Puspita sebagai band wanita yang sangat bersinar di era 1960-an. Grup yang dibentuk pada 1964 dengan anggota Titiek Adji Rachman (gitar melodi), Lies Soetisnowati Adji Rachman (bass), Susy Nander (drum), dan Ani Kusuma (gitar pengiring), itu merupakan band wanita pertama Indonesia yang mendunia. 

Perjalanan Dara Puspita ke Eropa dimulai pada Juli 1968. Mereka juga menyambangi Iran, Jerman Barat, Turki, hingga Inggris. Di negeri Ratu Elizabeth, Dara Puspita bertemu dengan Collin Johnson dari NEM Enterprise, yang pernah menangani The Beatles.

Perjalanan panjang Dara Puspita akan diangkat ke layar lebar. Rencana ini dikemukakan oleh Freredica, poduser Falcon Pictures. 

"Jadi awalnya kami mau bikin (biopik) Koes Plus. Kami riset dari A sampai Z, dalam perjalanan riset itu kami ketemu Dara Puspita," cerita Frederica, kepada tabloidbintang.com.

Nama besar Dara Puspita membuat Frederica antusias membawanya dalam sebuah film. "Bayangin, tahun 68 ada band perempuan tampil di sekian puluh kota di luar negeri. Cerita ini akan menginspirasi jika kita bawa ke film," kata dia.

Untuk merealisasikan rencananya, Frederica sudah bertemu langsung dengan Titik Hamzah, pemain bass Dara Puspita. Titik menyambut positif keinginan Falcon Pictures. 

Saat ini, Falcon Pictures masih dalam tahap riset guna menentukan bingkai cerita yang akan diangkat. Dari sekian tahun perjalanan Dara Puspita, akan dipilih beberapa momen yang paling menarik untuk dituangkan dalam skenario.

"Kami kumpulin dari cerita mereka, mana yang menurut mereka paling menarik. Harus ada konflik yang bisa digali. Tapi mungkin pasti nanti akan ada penambahan sedikit untuk dramatisasi," urai Frederica.

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait