Bima Sakti Tanggapi Kampanye Negatif Netizen Soal Timnas

TEMPO | 14 November 2018 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti meminta pemainnya tidak menanggapi pandangan negatif yang ditujukan kepada mereka di media sosial. Hal itu disampaikan Bima setelah timnya mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 di laga Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

"Saya meminta pemain tetap kompak dan konsentrasi. Tak perlu mendengarkan suara-suara dari luar," ujar Bima.

Tekanan dari masyarakat melalui media sosial memang melanda tim nasional Indonesia terutama setelah mereka kalah 1-0 dari Singapura di pertandingan perdana Grup B Piala AFF 2018, Jumat.

Sebelum laga kontra Timor Leste, Selasa, 13 November, muncul kampanye di media sosial "Twitter" untuk mengosongkan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, melalui tanda pagar #KosongkanGBK. Tagar itu sempat masuk menjadi empat terpopuler di Indonesia pada hari tersebut.

"Kami memang butuh kritikan dan masukan. Oleh karena itu, saya katakan kepada pemain agar menjadikan semuanya dari internet sebagai motivasi untuk berprestasi. Karena sejatinya itulah yang menjadi keinginan kami dan masyarakat Indonesia," tutur Bima.

Sebagai informasi, meski ada desakan dari warganet untuk memboikot laga timnas Indonesia, pertandingan Indonesia versus Timor Leste tetap dihadiri oleh lebih dari 15.000 suporter.

Pada laga itu, Indonesia berhasil menaklukkan Timor Leste dengan skor 3-1. Timor Leste unggul terlebih dahulu pada menit ke-48 melalui Rufino Walter Gama.Indonesia berbalik unggul lewat gol Alfath Faathier (61), penalti Stefano Lilipaly (69), dan Alberto Goncalves (82).

Di klasemen sementara grup B Piala AFF Suzuki 2018, Thailand menempati posisi pertama dengan poin tiga, unggul selisih gol berkat kemenangan 7-0 di laga pertama. Berikutnya, Timnas Indonesia berada di tempat kedua, Filipina ketiga, dan Singapura keempat mengoleksi poin yang sama, yakni tiga. Sedangkan Timor Leste yang belum meraih satu pun poin menjadi juru kunci

Pada laga berikutnya di Grup B Piala AFF 2018, Sabtu, 17 November, Timnas Indonesia akan bertandang ke Thailand untuk bertanding di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand. Di hari yang sama, Filipina yang bertindak sebagai tamu berhadapan dengan Timor Leste di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait