Film Sultan Agung Diputar di The George Washington University, Marthino Lio Hadir

Supriyanto | 4 Desember 2018 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Sultan Agung garapan Hanung Bramantyo diputar The George Washington University (GWU), Amerika Serikat pada Minggu (02/12) kemarin.

Nonton bareng film Sultan Agung itu diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Indonesia di Washington DC (Permias DC) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, Los Angeles Independent Film Festival (LAIFF), Organization of Asian Studies di GWU, dan Sigur Center for Asian Studies di GWU.

Aldwin Yusgiantoro, Presiden Permias DC mengatakan nobar film Sultan Agung di GWU bertujuan untuk mengenalkan Indonesia melalui film. Tak hanya itu, Permias DC juga ingin membangkitkan jiwa nasionalis pelajar Indonesia yang jauh dari kampung halamannya.

"Kami sebagai pelajar Indonesia di sini punya semangat yang kuat untuk mempromosikan Indonesia dan menanamkan citra positif bangsa kita kepada masyarakat di Amerika. Selain itu, kami juga berupaya menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada diaspora Indonesia melalui film sejarah ini," ujar Aldwin dalam siaran pers yang diterima Tabloidbintang.com, Selasa (4/12).

"Kita mengapresiasi pemutaran film ini karena memuat konten nasionalisme. Jadi diaspora Indonesia dan warga Amerika yang menonton film ini mendapatkan pemahaman mengenai sejarah bangsa kita," tambah Theo Nugroho, Konsuler KBRI DC.

Setelah pemutaran film usai dilanjutkan sesi tanya dan jawab dengan pemain Sultan Agung muda dalam film Sultan Agung, Marthino Lio.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Permias DC atas penyelenggaraan acara ini, dan semoga kegiatan seperti ini makin sering di lakukan di Amerika Serikat dan dunia internasional lainnya," pungkas Marthino Lio.

Film Sultan Agung merupakan sebuah film yang menyajikan cerita sejarah Kerajaan Mataram di bawah kepemimpinan Sultan Abdullah Muhammad Maulana Mataram (Raden Mas Rangsang) melawan penjajahan Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada abad ke 17 masehi.

(pri/ray)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait