25 Tahun Berkarya, Ini Ungkapan Para Personel NTRL

Altov Johar | 16 Januari 2019 | 13:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dua puluh lima tahun bukan waktu sebentar bagi NTRL menjaga eksistensinya di industri musik. Suka duka pernah dialami Bagus, Choki dan Eno selama membawa NTRL yang sebelumnya bernama Netral.

Bongkar pasang personel pun sempat dialami di tubuh NTRL. Tanpa terasa sudah 14 album yang mereka telurkan. Menurut Bagus perjalanan ini tak dapat dilukiskan dengan kata-kata.

"Enggak terasa dari band SMA cuma nge-jam, main latihan enggak jelas sampai akhirnya bikin demo diterima sama label. Bikin album terus sampai gonta-ganti personel. Terakhir album ke-14 rilis, ini 25 tahun berkarya," ujar Bagus, vokalis sekaligus basist NTRL di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/1) malam.

Bagus sendiri tak pernah menyangka NTRL bisa bertahan sampai sekarang. Selama ini mereka hanya fokus untuk terus berkarya, dan merasa nyaman menjalani aktifitas bersama NTRL.

"Gua sih enggak pernah nyangka akan bisa sejauh 25 tahun ini, karena kita kepikiran, berkarya ya berkarya aja, bikin album," kata Bagus.

"Main aja terus, enggak pernah berenti bikin lagu. Sampai yang ngingetin orang lain kalau udah 25 tahun. Lama, cuma enggak terasa, kayak baru kenal kemarin karena memang enjoy," sambung Choki.

Menandai 25 tahun eksistensinya di industri musik, NTRL merilis album ke 14 yang dikemas dalam bentuk boxset. Salah satu isi dari boxset itu adalah video perjalanan Netral yang kini bertrasformasi menjadi NTRL.

(tov / wida)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait