Berperan sebagai Amir Hamzah, Lukman Sardi: Saya Jadi tahu Gimana Dia Berpuisi

Supriyanto | 31 Januari 2019 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Titimangsa Foundation akan menggelar pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat pada 2 - 3 Februari 2019 mendatang.

Nyanyi Sunyi Revolusi mengangkat sisi lain budayawan tokoh nasional, Amir Hamzah. Sutradara Iswadi Pratama mempercayakan Lukman Sardi sebagai pemeran Amir Hamzah.

Meski berpengalaman di seni peran dan teater, Lukman Sardi mengaku tertantang memerankan tokoh bangsa yang dinilainya begitu lembut dan langka di zaman sekarang.

"Challenge banget, bagaimana pun juga Amir Hamzah seseorang yang secara budaya punya semacam hal di dirinya, yang kayak gini lo, orang yang tidak pernah membenci dan selalu memaafkan. Ini proses yang luar biasa saya jadi Amir Hamzah," ungkap Lukman Sardi usai latihan di Gedung F, Depdikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (29/1).

Tak hanya itu, mendalami karakter yang diperankan membuat Lukman Sardi banyak belajar. Pemain film Kawin Kontrak itu memahami bagaimana Amir Hamzah menuangkan imajinasi dalam karya sastra.

"Saya jadi tahu gimana dia (Amir Hamzah) berpuisi dan menghasilkan karya-karya. Challenge banget sih, ditambah lagi ya itu tadi teater tidak seperti film. Dan ini sesuatu yang harus kita latih sampai titik yang ideal," pungkas Lukman Sardi.

Teater Nyanyi Sunyi Revolusi berkisah tentang budayawan Amir Hamzah dalam hubungannya dengan percintaan terhadap manusia dan negaranya.

Iswadi Pratama sang sutradara berharap, Nyanyi Sunyi Revolusi bisa mengenalkan sosok Amir Hamzah kepada masyarakat khususnya pecinta seni teater.

(pri/bin)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait