Gaduh Draft RUU Permusikan, Begini Nasihat Iwan Fals untuk Para Juniornya

Indra Kurniawan | 16 Februari 2019 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Terkait polemik dan kegaduhan draft RUU Permusikan, melalui akun Twitternya, legenda hidup musik Indonesia, Iwan Fals, ikut urun suara. Dia meminta para pihak terkait berdiskusi dengan kepala dingin. 

“Soal RUU Permusikan ramai, ya. Dirembukkan baik-baiklah mumpung belum di-'dok' (diputuskan), jangan sampai jotos-jotosan. Pemusik, tuh perasa, lo. Malu tahu. Pemusik yang mengerti bahasa hukum, ya berjuanglah habis-habisan, sampai ke harmoni yang sejati karena ini menyangkut masa depan musik Indonesia,” kicau pelantun lagu “Bongkar”, Senin (4/2) lalu. 

Draf RUU Permusikan sebetulnya masih berupa naskah akademis sebelum diterbitkan sebagai RUU. Naskah ini secara resmi masuk daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2019 DPR RI pada Oktober 2018. 

Mengingat proses penyusunan RUU Permusikan masih panjang, DPR RI membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukan dan kritik dalam rapat dengar pendapat atau wadah diskusi resmi lainnya. 

“(Draf RUU Permusikan) sangat bisa direvisi. Kan UU itu lahir dari kesepakatan bersama,” kata Anang dalam vlog Anji yang berjudul “Anang & RUU Permusikan yang Menuai Kontroversi”.  

(ind / gur)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait