Nugie: Nikmatnya Mengasuh Remaja Berusia 18 Tahun

Yohanes Adi Pamungkas | 17 Februari 2019 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Apa kabarnya Agustinus Gusti Nugroho (47) alias Nugie? Pelantun “Burung Gereja” dan “Pelukis Malam” ini tengah sibuk mengasuh keponakan bernama Tanita (18).

Anit, demikian Tanita dipanggil, tinggal sendiri di Jakarta karena orang tuanya berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nugie mewariskan bakat menyanyinya kepada Anit.

Setelah menyelesaikan pendidikan SD di Lombok, Anit hijrah ke Jakarta. Ia tidak tinggal seatap dengan Nugie karena orang tuanya memiliki rumah di Ibu Kota. Sebagai paman, Nugie menjaga Anit layaknya anak sendiri.

“Saya sudah seperti bapaknya, setiap hari memonitor kegiatan Anit dari kelas 1 SMP sampai sekarang kelas 3 SMA. Kalau ada cowok mendekatinya, saya bertanya kepada Anit, dia pacar atau hanya teman?” cerita Nugie di Jakarta, pekan lalu.

Ia rajin menengok Anit. Jika tidak sempat ke rumah Anit, adik Katon Bagaskara ini menjumpainya di sekolah. Ndilalah, sekolah Anit dan anak-anak Nugie berada dalam satu kawasan. Ada banyak pelajaran dari mengasuh remaja putri berusia 18 tahun. 

“Anggap saja saya sedang belajar mendidik anak. Ini bekal kalau nanti anak-anak saya beranjak remaja. Ternyata tidak mudah mengasuh remaja di zaman sekarang,” imbuh ayah dari Arkazora Nugroho (12) dan Brigitta Nikaia Nugroho (8).

Suatu hari Anit menyampaikan niatnya menjadi penyanyi kepada Nugie. Pemilik album Bumi, Air, dan Udara terkejut.

“Yang saya tahu, Anit hanya hobi menyanyi. Tapi kesempatan tidak datang dua kali. Saya mau menjadi produsernya. Ini kehormatan bagi saya, apalagi Anit mau menyanyikan lagu ciptaan saya yang berjudul 'Andai Kau Di Sini,'” beri tahu Nugie yang tidak sungkan memarahi Anit selama proses rekaman.

Meski telah mengorbitkan keponakan, personel The Dance Company ini belum berniat menjadikan anak-anaknya penyanyi. Nugie membiarkan kedua buah hatinya tumbuh bersama minat dan bakat yang mereka sukai. Ia dan istri, Shinta Dewi, sepakat tidak mau memaksa anak-anak mencintai bidang tertentu termasuk seni.

“Saya enggak memaksa anak-anak untuk jadi penyanyi. Banyak teman yang meminta saya menyuruh mereka menjadi penyanyi. Saya enggak mau anak-anak terbebani. Biarkan mereka menikmati hari-hari dengan bergembira,” pungkas Nugie. 

(han / gur)
 

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait