Ikmal Tobing Bangga Jadi Juri Tama Groove Session 2018

Altov Johar | 28 Februari 2019 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ikmal Tobing bangga dipercaya menduduki kursi juri kompetisi drum online bertajuk Tama Groove Session 2018. Ajang yang diselenggarakan Mahkota Musik Indonesia (MMI) ini diikuti 185 peserta dari berbagai daerah di Indonesia pada periode 1 November hingga 31 Desember 2018 dan 31 Januari 2019.

"Suatu kehormatan besar buat saya pribadi dipercaya jadi salah satu juri di Tama Groove Session ini, ada senior-senior juga. Memang animo drummer Indonesia udah banyak banget, angkatan gue dulu untuk sosmed aja masih minim," ujar Ikmal Tobing di Chic's Musik, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (27/2).

Patricia Dharmawan, pihak Mahkota Musik Indonesia (MMI) mengatakan, menariknya kompetisi kali ini diikuti peserta usia 10-15 tahun. Bahkan untuk di Cina sendiri, jawara Tama Groove Session baru berusia 12 tahun.

"Ini tahun keduan menyelenggarakan Tama Groove Session Drumm Copetition. Kalau kompetisi gitar sudah lima kali. Di tahun ini pesertanya ada di usia 10 sampai 15 tahun. Sebagai info, di China yang juara baru 12 tahun juga," jelas Patricia.

Penjurian dilakukan sangat ketat untuk menentukan juaranya. Dari 185 peserta yang telah submit video di Youtube, terpilih lah 3 nama yakn Winaldy Senna Praditya (juara 1), Bohemian Renaissance Purnama (juara 2) dan Akram Rosyid (juara tiga).

"Kita benar-bener ketat banget. Bagi gue pribadi drum bukan sekadar mukul dan hapal partitur. Tapi drum itu juga seperti penyanyi, kita tidak menghapal part aja, tapi benar-benar soul darj hati. Kita ini musisi, drummer, bukan hanya penghapal," kata Ikmal.

Dalam menajalan tugasnya sebagai juri Tama Groove Session 2018, Ikmal Tobing ditemain musisi-musisi yang berkopenten di bidangnga. Mereka adalah Fajar Saritama dan Tigor Nainggolan. Kemudian turut hadir juri utama yakni Kaz Rodriguez, Norlaki Kumagai, Fuyu dan Hoshino Gakki.

"Hadirnya Tama Groove Session ini sangat berguna, menginstankan drumer baru. Di sini kan ada anak-anak juga yang ikutan kompetisi, dan itu jadi nilai plus juga. Kita mencari bakat-bakat drummer yang bertalenta," pungkas Ikmal Tobing.

(tov/ari)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait