Jumlah Penonton Film Indonesia Terus Melonjak, Begini Pendapat Ussy Sulistiawaty

Wayan Diananto | 20 Maret 2019 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ussy Sulistiawaty (38) memperkenalkan film anyar Lukisan Ratu Kidul. Dalam film itu, ia beradu akting dengan Wafda Saifan dan Teuku Zacky. Ussy Sulistiawaty senang kembali berakting di layar lebar setelah 3 tahun vakum. Menurutnya, 3 tahun terakhir film Indonesia bergerak pesat. Rekor baru jumlah penonton beberapa kali terpecahkan. Namun di balik perkembangan menggembirakan ini, Ussy Sulistiwaty memberikan sejumlah catatan.

"Saya senang dengan perkembangan film Indonesia saat ini. Tapi kalau saya perhatikan, film kita masih jadi anak tiri di bioskop kelas atas. Misalnya, Plaza Senayan XXI. Baru satu dua hari tayang sudah turun layar kecuali film yang sudah diprediksi bakal meledak seperti Dilan 1991. Di bioskop kelas menengah ke bawah malah tercipta antrean panjang. Mengapa bisa seperti ini? Bisa jadi masyarakat kelas atas belum percaya 100 persen dengan film Indonesia," ulas Ussy Sulistiawaty.

Kesannya, kata Ussy Sulistiawaty, kalau mau menonton film Indonesia harus di bioskop kelas menengah ke bawah. Ini PR buat para pekerja seni. Untuk membangkitkan kepercayaan masyarakat kelas atas, dibutuhkan keragaman genre, skenario berbobot, sinematografi ciamik, dan akting yang memikat. Itu sebabnya, Ussy Sulistiawaty mau menerima tawaran main film Lukisan Ratu Kidul. Menurutnya, sinematografi film ini keren.

"Satu shot, bisa 23 kali retake, padahal hanya adegan membuka pintu sambil membawa koper masuk ke rumah. Sedetail itu. Namun saat melihat hasilnya, wah, ternyata gambarnya benaran bagus. Saya yang semula enggak peduli jadi makin semangat," ungkap Ussy dalam wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com di Jakarta Selatan, pekan ini.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait