Ada Kahitna, Penutupan Adiwastra Nusantara 2019 Dipadati Generasi Milenial

Ari Kurniawan | 26 Maret 2019 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah empat hari digelar, pameran kain adati terbesar di Indonesia, Adiwastra Nusantara 2019, ditutup pada Minggu (24/3). 

Pengunjung memadati Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, hingga hari terakhir. Tampak di antaranya kaum milenal, yang sibuk berburu kain-kain nusantara yang unik dan memiliki nilai seni tinggi. Total pengunjung Adiwastra Nusantara 2019 tercatat lebih dari 65 ribu dengan pendapatan lebih dari 50 miliar rupiah. 

"Di hari terakhir makin menarik karena akan ada tari-tarian, nyanyian, bahkan ada Kahitna. Pengunjungnya sangat banyak, dari kalangan dewasa sampai milenial," ujar Yantie Isfandiary Airlangga, Ketua Penyelenggara. 

Adiwastra Nusantara 2019 memang menaruh perhatian tersendiri kepada generasi milenal. Diharapkan perpaduan kain-kain tradisional dengan berbagai unsur modern bisa menarik minat anak-anak muda.

"Kami menampilkan beberapa desainer yang memadukan kain wastra dengan model yang lebih anak muda atau milenial. Jadi sekarang tidak ada lagi keterbatasan anak-anak milenial memakai batik atau tenun. Kalau dulu istilahnya ‘jadul’ sekarang banyak stand yang dibanjiri anak muda," Yantie menambahkan.

Yantie berharap penyelenggaraan pameran Adiwastra Nusantara bisa semakin baik di tahun berikutnya. Tujuannya, tak lain adalah untuk terus mengedukasi masyarakat agar dapat menghargai karya yang dihasilkan oleh para pencipta wastra dari berbagai penjuru Tanah Air.  

"Kita perlu bangga Indonesia mempunyai budaya dan nilai wastra yang sangat tinggi," tandasnya. 

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait