Enda Ungu Tegas Mendidik Zara Leola untuk Menjadi Penyanyi Profesional

Supriyanto | 28 Mei 2019 | 18:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Enda Ungu tidak pernah memaksa putrinya, Zara Leola mengikuti jejaknya sebagai musisi dan penyanyi. Namun, Enda selalu mengajarkan semua ilmu dan pengalamannya kepada buah cintanya agar menjadi musisi profesional.

 

Gitaris band Ungu itu sebisa mungkin mendampingi Zara dan menekankan musisi bisa sukses, bukan karena kuantitas latihannya melainkan mau belajar  dari pengalaman panggung ke panggung.

"Bermusik enggak ada yang enggak bisa semua pasti bisa harus dicoba, dan kita belajar bukan dari latihan saja tapi dari panggung ke panggung karena justru. Kita bener-bener itu adalah dari pangung ke panggung sekolah kita adalah panggung menurut aku," ujar Enda Ungu saat mengisi acara Salam Ramdhan beraama Musica di Central Park, Jakarta Barat, baru-baru ini.

"Aku bilang sama dia bahwa disaat kamu memilih ini ya kamu harus benar-benar siap," kata Enda Ungu tegas.

Selain itu Enda juga selalu memberi nasihat dan pengertia kepada Zara agar pekerjaanya bukan hanya tentang dirinya. Zara diminta bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab.

"Kamu harus serius karena disini kamu melibatkan orang banyak ada nasib kru, nasib manajemen, nasib label juga, nasib mu juga. Jadi segala tingkah lakumu itu akan berpengaruh kepada rombongan yang kamu bawa di belakang," tutur Enda Ungu.

Enda Ungu juga mengajarkan agar Zara menghargai proses. Dirinya juga mengajarkan anak agar tidak berbicara kasar kepada siapapun disekitar panggung, misalnya kru.

"Gue enggak mau anak gue seperti itu, gue selalu bilang sama dia 'siapapun yang bukan lihat di atas panggung yang lebih tua dari kamu, dia kru mu jangan pernah aku lihat kamu kasar ngomongnya, aku enggak pernah mau kamu ngomong gitu," pungkas Enda Ungu.

(pri / ray)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait