Selain Pesbukers ANTV, 3 Program Ini Juga Dapat Evaluasi Serius dari MUI

Ari Kurniawan Rabu, 29 Mei 2019 18:00:23
Dua program Ramadhan ANTV, yakni Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan mendapat sorotan paling serius. (Ari/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat merilis hasil pantauan program TV Ramadhan 2019. Ada sejumlah program televisi yang mendapat penilaian negatif. Ada juga yang memperoleh apresiasi, karena dianggap konsisten menghadirkan konten yang baik.

Dua program Ramadhan ANTV, yakni Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadhan mendapat sorotan paling serius. Acara variety show yang menghadirkan Raffi Ahmad, Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, dan Ruben Onsu itu dianggap mengandung banyak muatan negatif.

Tim pemantau MUI menemukan banyak adegan artis berlawanan jenis yang terkesan vulgar, juga ejekan fisik yang menjurus penghinaan.

Trans 7 juga memiliki dua program yang masuk daftar "evaluasi serius" dari MUI, yaitu Sahur Seger dan Bukbernya Wo Banget. Sementara itu, dari Trans TV ada Gado Gado Sahur.

Pesbukers Ramadhan (Seno/tabloidbintang.com)
Pesbukers Ramadhan (Seno/tabloidbintang.com)

Selain mengandung candaan para artis yang cenderung berlebihan dan tidak patut, program-program tersebut dianggap tidak mencerminkan nilai Ramadhan, meski menggunakan istilah-istilah Ramadhan dalam tajuknya.

"Kami melihat program-program ini menyebut kata 'Ramadhan', 'sahur', tapi memperlihatkan hal-hal yang tidak pantas," ujar Muhammad Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah MUI, di kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

Adapun stasiun TV yang mendapat apresiasi dari MUI adalah Metro TV, TVRI, tvOne, Kompas TV, dan RTV. Lima stasiun tersebut dinilai memiliki komitmen yang baik untuk memproduksi program yang sejalan dengan semangat Ramadhan.

Pemantauan program TV Ramadhan sudah dilakukan MUI sejak 2007. Sebanyak 16 stasiun TV dipantau oleh 20 orang pemantau dari empat komisi MUI, yakni Infokom, Dakwah, Kajian, dan Pendidikan.

Terhadap hasil dari pemantauan, MUI berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat untuk kemudian ditentukan langkah-langkah berikutnya.

(ari/bin)

Penulis Ari Kurniawan
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.