Didorong Hanung Bramanyto hingga Terjatuh, Mawar De Jongh Menangis

Ari Kurniawan | 9 Juli 2019 | 08:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemain film Bumi Manusia dituntut untuk menjiwai setiap karakter yang diperankan. Bahkan, Hanung Bramantyo selaku sutradara tidak ragu untuk turun tangan agar rasa sakit para pemain bisa disalurkan lewat akting mereka. 

Mawar De Jongh, yang berperan sebagai Annelies, adalah salah satu aktor yang mendapatkan kesulitan saat harus mendalami kesedihan Annelies. Padahal, menurut Hanung, Mawar memiliki kesamaan dengan Annelies. Menurut Hanung, dalam kehidupan nyata, apa yang dialami Mawar hampir serupa dengan Annelies. 

“Secara Tubuh, Pikiran, dan Jiwa, Mawar sudah cukup memasuki alam Annelies. Apalagi didukung dari ayah Mawar yang juga seorang warga Belanda. Sehingga bahasa Belanda bukanlah bahasa asing bagi Mawar. Hanya saja, pengalaman batin yang mestinya diolah menjadi kekuatan bagi Mawar, rupanya oleh diririnya dikubur. Dia lupakan. Hal itu sangatlah wajar dilakukan oleh semua manusia, apalagi usianya seumur Mawar. Tapi bagi aktor, pengalaman batin semacam itu menjadi Modal besar. Karena itu saya mencoba merangsang Mawar untuk menumbuhkan pengalaman batin itu,” kata Hanung.

Karena begitu sulitnya Mawar menumbuhkan imajinasi saat beradegan, Hanung mencoba membantu. Suami Zaskia Adya Mecca itu memancing emosi Mawar De Jongh dengan mendorong tubuhnya. 

“Mungkin karena sungkan atau takut jika dia melakukan itu akan memunculkan traumanya, maka saya kemudian mendorongnya sampai dia terjatuh. Tapi lagi-lagi kami melakukannya tidak dalam rangka menyakiti, tapi untuk menghadirkan ingatan emosi yang sudah sejak lama dia kubur. Setelah itu semua yang dia simpan keluar dengan sendirinya. Permainannya sangat natural ketika memekikkan kepedihan,” terang Hanung.

Setelah semua proses syuting selesai, Hanung mengaku puas dengan penampilan Iqbaal dan Mawar. Ia juga merasa senang dengan respon positif yang diberikan pada trailer Bumi Manusia.

Film Bumi Manusia dan Perburuan karya Pramoedya Anantoer, akan tayang serentak diseluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 15 Agustus 2019.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait